ASYIKNYA BELAJAR “CONTENT WRITER” DI KANTOR GOOGLE INDONESIA

Belajar Content Writer di Kantor Google Indonesia Bersama Komunitas ISB

Menjadi penulis sempat menjadi cita – cita saya pada saat SMA. Kenapa saya bilang “sempat”? karena pada waktu itu tidak banyak informasi yang saya dapat untuk bagaimana menjadi penulis yang baik bahkan 1 link untuk menuju kesana pun tidak ada. Jadi pada saat itu hanya menulis lewat buku tulis saja.

Inget banget waktu itu ada salah satu tabloid remaja ( yang hits pada masa nya hehe ), nah di tabloid tersebut ada halaman khusus cerita pendek ( cerpen ), jadi pengen gitu tulisan saya masuk dan di published disana. Sempet hubungin nomor telephone yang tercantum dihalaman redaksi, tetapi nihil ( gak pernah diangkat sekalipun ). Jadi harapan tinggal harapan.

BEDA DULU BEDA SEKARANG

Beda dulu dan memang beda juga sekarang. Kalo sekarang gak lagi harapan menjadi harapan, kudu kembali semangat mengejar cita – cita, ambisius banget sih nggak, karena saat ini juga masih tahap belajar dan menggali ilmu yang banyak tentang tulis menulis, salah satunya ya dengan cara gabung ke komunitas.

KOMUNITAS ISB

Sekarang mah saya udah seneng banget bisa kenal dan gabung sama komunitas Indonesia Social Blogpreneur ( ISB ). Komunitas yang mengajarkan kita bahwa blogger itu tidak melulu menulis, tetapi bisa membangun social life , sehingga dapat menjaring / membangun link / menambah relasi / teman, sehingga kedepannya bisa menjadikan kita semua Blogpreneur.

Komunitas ISB

Komunitas ISB emang keren banget sih, terbukti dari banyaknya kegiatan – kegiatan yang sangat memorable dan tentu adalah ilmu nya, dari belajar photography, fashion, financial, google analytics, dan tentunya juga belajar menjadi content writer.

BELAJAR CONTENT WRITER DI KANTOR GOOGLE INDONESIA

Nah salah satu nya ini nih, kegiatan dari ISB yang sangat berkesan ( utamanya bagi saya ), karena seumur – umur belum pernah menginjakkan kaki di kantor google Indonesia. Kalo bukan karena ISB, gak tau deh kapan bisa kesana hehe.

Photo Bersama Kak Fiana Dwiyanti Google Indonesia

Well, sekitar tanggal 12 September 2019 saya dan beberapa teman ISB ( yang terpilih ) berkesempatan untuk mengunjungi kantor Google Indonesia yang berada di gedung FWD Sudirman.

Kami berkunjung kesana bukan untuk visit keliling – keliling kantor, tetapi kami disana belajar tentang content writer, SEO, dan bonus nya belajar tentang Question HUB dari Google.

QUESTION HUB

Jadi, Question Hub ini adalah sebuah media yang dapat membantu penulis ( blogger, content writer, dll ) lebih mudah dalam mencari ide sebuah tulisan. Selama ini kan kebanyakan mengandalkan keywords saja, nah di Question Hub ini kita bisa mendapatkan lebih dari itu.

Kak Fiana Dwiyanti - Google Indoensia

Jadi, kesimpulan dari Question Hub yang disampaikan oleh Kak Fiana Dwiyanti ( Google Indonesia ) ini adalah dari setiap pertanyaan yang tidak terjawab oleh google, akan tersaring disini, dan kita bisa mengakses nya mana – mana saja pertanyaan – pertanyaan yang tidak terjawab oleh google tersbut, yang nantinya bisa kita jadikan sebuah ide untuk menulis. Sehingga kita nggak lagi kerepotan mencari ide untuk menulis.

Kemarin sempat mau regitsrasi, tapi sepertinya signal sedang tidak bersahabat. Tapi akan saya coba kembali dan membagikan cerita ini lebih detail kekalian yah.

CONTENT WRITER

Nah disesi kedua ini ada Teh Ani Berta selaku Founder ISB yang akan berbagi tentang Content Writer.

Teh Ani Berta - Sharring tentang Content Writer

Menurut Teh Ani, untuk menjadi seorang content writer itu tidak lah begitu sulit, tinggal tergantung bagaimana kita nya membangun rasa percaya diri dan pantang untuk bilang “tidak bisa”.

Teh Ani Berta - Founder ISB

Dengan pertumbuhan era digital dan kebutuhan informasi yang semakin mengingkat, juga adanya perusahaan – perusahaan / organisasi  yang saat ini perlu informasi dan publikasi kegiatan – kegiatan mereka, menjadi jawaban mengapa content writer sangat dibutuhkan?

Jangan lakukan ini kata Teh Ani

Disini juga teh Ani menjelaskan kalo menjadi content writer disebuah perusahaan / organisasi jangan pernah lakukan ini : Plagiat / copy paste, Bahasa yang alay dan banyak singkatan, Memasukkan opini yang terlalu personal, Unsur kepentingan pribadi, Menyebut Brand secara hard selling tanpa persetujuan pemilik website / portal, Diskreditkan orang lain, Keluar dari Idealisme, Menuliskan berita atau opini tidak sesuai fakta / tidak terverifikasi.

Waduh jangan lakukan itu yah guys..!!

Benefir menjadi Content Writer

Oiya sebelum penutupan, Teh Ani juga menyampaikan benefit menjadi seorang content writer seperti : Membangun Self Branding, Portofolio, Social Enterprenuer, Hobi yang menghasilkan, Tulisan bermanfaat untuk orang banyak, Relationship yang luas, Upgrade ilmu setiap saat, Meningkatkan wawasan dan tentunya dapat meningkatkan skill kita.

Setelah Teh Ani, disesi ke 3 ada Mas Ardan yang akan berbagi ilmu tentang SEO.

SEO CONTENT WRITING UNTUK BLOGGER

Mas Ardan selaku Admin dari ISB berbagi ilmu tentang SEO, dimana SEO ini sangatlah pentng bagi para blogger. SEO itu sendiri adalah optimalisasi web / blog agar muncul dihalaman 1 mesin pencari. Memang penting banget yah SEO? Ya tentu, karena selain mendapatkan pengunjung tentu dapat meningkatkan brand awareness juga.

Mas Ardan - Sharring tentang SEO Content Writing for Blogger

Nah untuk itu mas Ardan berbagi tips nih untuk artikel kita bisa muncul dihalaman pertama pencarian : 1. Mulai dengan keyword dijudul & URL, 2. Atur Sub – Heading, 3. Letakkan keyword di 100 kata pertama, 4. Mainkan Backlink & Internal Link, 5. Mainkan visual & namai gambar sesuai keyword.

Mas Ardan menjelaskan Apa dan Kenapa SEO?

Selain itu mas aradan juga kasih tips nih untuk mencari keyword dengan mudah : 1. Google Keyword Planner, 2. Ubersuggest, 3. Question Hub.

Kegiatan ditutup dengan quotes dari Mas Ardan yang berbunyi seperti ini :

“Konten tetap raja karena manusia yang baca”

POTLUCK DAN PHOTO BERSAMA

Setelah selesai menyerap ilmu tadi, kami semua makan siang yang makanannya dibawa masing – masing oleh peserta dan digabung jadi satu untuk dimakan barengan gitu (ini moment yang seru sih bisa makan bareng – bareng ), nah gak ketinggalan photo – photo pastinya ( ini hal wajib yang harus dilakukan setiap ada kegiatan ) hehehe.

Photo bersama peserta Content Writer di Google Indonesia

Terimakasih banyak Komunitas ISB, The Ani, Mas Ardan, dan juga Kak Fiana Dwiyanti Google Indonesia sudah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat banget buat para blogger. Semoga bisa kami ( saya terutama ) terapkan dan praktekan didalam tulisan – tulisan kami.

Yeaay
Terimakasih Komunitas ISB, Teh Ani, Mas Ardan, dan Kak Fiana Google Indonesia

Semoga bisa bertemu dilain waktu dan berbagi kembali ke kami yang haus akan ilmu.

Comments

  1. Salam kenal mas, senang sekali bacanya saya berasa ikutan acara ISB di google tfs ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali kak Sandra, terimakasih sudah melipir kesini yah kak ;)

      Delete
  2. Konten tetap raja, krn manusia yg baca. Suka! BTW udah beberapa kali baca ttg question hub ini. bahkan sempat juga sih meeting via video call dg google indonesia (krn aku jauh dari jakarta) cuma belum kesampaian nyobain. (widyantiyuliandari(dot)com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren mba udah vidcallan dengan google Indonesia, next kudu mampir ke kantor nya yah mba dan jangan lupa cobain question hub ;)

      Delete
  3. Keren banget ya kantornya google mas. Jadi makin tahu tentang question hub langsung dr ahlinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes betul kak, penjelasannya juga mateng dan bikin semua blogger sampe kagum hehe

      Delete
  4. Aaakkkkk aq envy ka, seru banget kyknya bisa belajar langsung sama expertnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe next semoga kakak bisa kesempatan juga main ke kantor google indonesia yah kak ;)

      Delete
  5. Aiiih seruuu banget aslik bikin evny bacanya. Pengen banget ikut acara ini tapi sekarang udah ndak di Jakarta heeu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang skrang dimana mas? atu gpp mas nanti sempetin main ke jakarta dan meilipir mampir ke kantor google Indonesia ;)

      Delete
  6. Penginnn banget main-main ke Google Indonesia. Sayangnya memang belum rezeki, belum terpilih untuk event ke sana. Untuk urusan konten aku juga setujua bahwa content is the king. Karena orag yang berniat membaca pasi mencari sesuatu dalam konten yang dibaca. Kalau hambar ya nggak bakalan jadi "king" di hati pembaca kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget kak dan emang dibutuhkan konsisten juga pasti nya biar pembaca tetep melipir ke blog kita hehe ;)

      Delete
  7. Ikut semangat baca tulisan ini, "mengosongkan gelas" untuk diisi dengan ilmu baru lagi adalah hal menyenangkan ya, apalagi kalau belajarnya rame2 dengan yang sama2 semangat dan penuh dengan energi positif. Makasih ya sharingnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Hani, makasih juga yah udah mau meilipir kesini, anw iya mba betul belajar bareng - bareng itu lebih menyenangkan ;)

      Delete
  8. Zaman now, memang lebih menyenangkan, Mas Adhe, termasuk dalam dunia menulis.
    Dulu ini, saya belajar menulis sendiri. Paling lewat majalah da tulisan orang lain. cari referensi juga harus ke perpustakaan langsung.
    Sekarang bisa belajar secara online, sharing sesama penulis, dan banyak acara keren seperti yang diadakan di Google ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah mas, kita bisa menikmati itu semua. Belajar emang harus giat dan sekarang belajar apa aja sudah ada wadah tinggal niat dan kemauan aja ;) makasih mas bamabng udahmeilipr kesini yah ;)

      Delete
  9. Mau sampai kapanpun kualitas konten memang yang utama. Jadi semakin semangat menulis kalau begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. tossss mba myra, hehehe semangat yah..! thankyou udah mampir kesini anw ;)

      Delete
  10. pasti seru ya acaranya... semoga makin keren blogmu, mas :)

    ReplyDelete

Post a Comment