”Sega Lengko” Makanan Khas Indramayu Yang Menggugah Selera


”Sega Lengko” Makanan Khas Indramayu Yang Menggugah Selera

Indramayu adalah sebuah kota yang banyak dijuluki oleh orang – orang dengan Kota Mangga. Mangga Indramayu memang terkenal dengan mangga yang manis, dan selalu bisa dijadikan oleh – oleh bagi orang – orang yang lagi mudik. Gw pun termasuk yang suka mudik ( bisa diitung sama jari sih hehehe ) dan suka bawa oleh-oleh mangga Indramayu ( selagi musim ).

Kota Indramayu

Indramayu adalah salah satu kota di wilayah pantai pantura Jawa Barat. Pantai pantura yang terkenal dengan “goyang pantura” nya, ternyata masih memiliki sisi lain yang menarik, salah satunya adalah makanan khas nya. 

Seperti yang gw info di blog sebelumnya, kalo gw tuh selalu punya cerita seru setiap pulang ke Indramayu. Jadi, kalo sebelumnya gw udah cerita tentang keseruan yang menyebalkan, sekarang gw mau cerita seru yang menyenangkan.

Photo @adhealbian

Nah hal yang bikin gw seneng kalo lagi pulang kampung yaitu selalu minta dibuatin makanan favorite gw, yaitu makanan khas orang – orang pantura ( jadi bukan cuma goyang pantura an aja beb yang gw suka ahaaaaiii ). Apa sih makanan khas orang – orang pantura itu? nih kenalin beb, salah satu makanan khasnya orang – orang pantura yaitu SEGA LENGKO (SEGA = nasi,  LENGKO = Lengkap dan Ekonomis  ).

Sega Lengko Makanan Khas Indramayu

Jadi, SEGA LENGKO  ( Nasi Lengko ) adalah makanan khas masyarakat pantura ( pantai utara ) yaitu Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, dan sekitarnya. Makanan rakyat ini, merupakan makanan yang sangat lengkap, ekonomis, sehat dan yang paling penting adalah bebas kolesterol beb. Jadi, kudu dan wajib banget makan sega lengko kalo kalian lagi melipir ke kota – kota pantura tadi.

Bahan – bahan  dari sega lengko juga enggak ribet kok beb, bahkan kalian juga bisa buat sendiri di rumah. Nih gw kasih tau bahan – bahannya, pertama adalah  nasi putih tentunya yah bebh, terus tempe goreng di iris – iris dadu, tahu goreng juga sama di iris-iris dadu ( ya sesuai selera kalian aja sih ukurannya ), kemudian gak lupa sayuran beb, ada mentimun mentah yang di cacah gitu, terus juga ada tauge rebus, ada daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang ( ini juga bisa di buat pedes / gak sesuai selera yah bebh ) dan terakhir kecap manis yang nantinya disiramin ke atas bahan – bahan tadi. Oiya sebagai pecinta kerupuk nih, gw selalu menambahkan kerupuk setiap gw makan sega lengko.
Bahan - bahan yang ada di Sega Lengko

Sega Lengko selalu menjadi makanan wajib yang kudu hadir di meja makan gw, karena kalo gw pulang kampung tanpa sega lengko itu kaya ada yang kurang gitu lho beb. Gw nulis ini aja mau ngeces ngebayangin tuh sega lengko depan muka gw, di hidangin dengan nasi putih yang anget, sayur-sayuran yang anget, tempe tahu yang panas, tambah bawang goreng yang wanginya aduhai, terus disiram kecap manis deh, dan kerupuk yang selalu jadi andalan gw hehe. Oiya, untuk makan sega lengko biar tambah sedep, kalo gw sih di cemol pake tangan bebh jadi no sendok sendok karena kurang sedep.

Nikmatnya Sega Lengko

Oke guys, silahkan dicoba untuk dibuat yah dan rasakan nikmat nya. Seperti biasa jangan lupa untuk follow instagram gw @adhealbian Sampai jumpa di blog berikut nya…!!

Comments

Post a Comment