“Duduklah Sesuai Nomor Bangku, Jika Hal Ini Tidak Ingin Terjadi Kepada Anda”


“Duduklah Sesuai Nomor Bangku, Jika Hal ini Tidak Ingin Terjadi Kepada Anda”

Stasiun Kereta Api Jatibarang - Indramayu Jawa Barat

Pulang ke kampung halaman adalah dambaan bagi orang – orang yang “merantau” ke Jakarta, termasuk salah satunya adalah gw nih, walaupun lahir di Jakarta, tapi darah blasteran Jakarta + Jawa ini tetep merindukan yang namanya kampung halaman.

Ngomongin kampung halaman, tahun 2018 lalu gw sempet pulang ke kampung halaman gw, yaitu Indramayu - Jawa Barat. Untuk menuju ke Indramyu, biasanya gw milih kereta sebagai alat transportasi kesayangan gw nih, selain jarak tempuh yang cepet ( kurang lebih 3 jam an ), naik kereta juga menyenangkan beb, karena bisa lihat sawah –sawah yang ijo dan seger – seger. Biasanya gw jalan dari Stasiun Gambir / Stasiun Pasar Senen Jakarta dan turun di Stasiun Jatibarang – Indramayu Jawa Barat.

Kereta sekarang tuh udah bagus - bagus beb, sangat nyaman banget, dan pastinya selalu menjadi pilihan tranportasi gw untuk pulang kampung. Oiya,  kalo lagi pulang ke Indramayu, gw tuh selalu aja ada cerita seru. Dari mulai perjalanan kesana sampai balik lagi ke Jakarta.
Insta Story @adhealbian

Salah satu cerita seru ( lebih tepatnya pengalaman yang menyebalkan sih ) yang gak pernah gw lupain yaitu pas gw balik ke Jakarta. Waktu itu bangku kereta gw di tempatin sama orang lain yang gak mau pindah dengan alasan katanya “sama aja duduk dimanapun. Jadi, beliau ini adalah sosok ibu – ibu muda yang menurut gw, beliau “harusnya” tahu tentang peraturan duduk sesuai dengan nomor bangku.

Pada saat gw menuju nomor bangku gw, gw bilang dengan sangat hati – hati banget dan udah dengan sopan santun menurut gw. “Ibu, maaf nomor bangku saya di 10A” gw pun sambil nyodorin tiket kereta gw ke beliau. Dan dengan ketusnya nya beliau bilang “Iya terus kenapa? Sama aja kan duduk di bangku 10B” sambil nunjuk bangku disebelahnya.
Tiket Kereta Dengan Nomor Bangku 10A

Gini, gw kan beli tiket kereta melalui aplikasi online Traveloka. Pada saat pesen disitu, kan gw dikasih kesempatan untuk milih nomor bangku, jadi gw milih nomor bangku sesuai yang gw mau ( waktu itu gw milih yang samping jendela ). Artinya, kalian kalau mau duduk yang samping jendela, ya dari awal pesen pilih nya yang samping jendela dong, gitu kan yah beb? jangan sampe udah di kereta nya, malah milih tempat duduk sesuka hati. Tapi yagitu lah, ternyata masih ada sosok manusia seperti tadi dan gw pun gak habis pikir.

Please yah guys, kalian jangan pernah melakukan itu, karena kalo kalian duduk di nomor bangku yang bukan punya kalian, itu sangat bahaya banget dan emang udah banyak kasus yang seperti ini. Perlu disadari bahwa emang belum semua masyarakat Indonesia mengetahui betapa pentingnya akan hal ini. Jadi guys duduklah sesuai dengan nomor bangku yang tertera di tiket kalo hal ini gak ingin terjadi sama kalian yah.

Sepanjang perjalanan, gw tuh gondok banget, sampe gw gak bisa ngomong apa – apa, malu aja gitu gw nya kalo berdebat di dalem kereta. Mau nge charge HP aja gak bisa, karena colokan udah dikuasain beliau, mau numpang nyolok, kabel charger gw pun pendek, dan pasti bakal mengganggu kenyamanan beliau, untung nya masih ada power bank gw dengan sisa 25% yang bisa menjadi penyelamat.

Oiya waktu itu gw udah sempet share cerita ini ke instagram story gw sih, yang sekarang udah gw highlight. Respon temen – temen gw di Instagram waktu itu banyak banget yang kesel karena sebagian dari mereka ada yang emang kebawa emosi baca cerita gw, katanya “kalo gw jadi lo, udah gw perkara in tuh ibu-ibu” Hehehe.

Jadi pas gw nulis itu di insta story, gw pun sempet baca salah satu blog yang berisi pengalaman yang sama, berikut blog nya : 
https://transportasiudara.wordpress.com/2008/02/07/itu-nomor-tempat-duduk-saya/ 
Bedanya kalo dia di pesawat gw dikereta. Tapi yang menjadi point utama disini adalah “duduk sesuai nomor bangku” dan ini adalah salah satu kutipan percakapannya "Pak, benar kalau pesawat ini mendarat dengan selamat di Solo, kita akan tiba bersama-sama juga. Tapi kalau terjadi sesuatu dengan pesawat ini, saya tidak mau mayat bapak yang dikirim ke rumah saya!"
Intinya disini gw mau sharing aja sih, dan gw pengen semua lapisan masyarakat Indonesia yang menggunakan transportasi umum ( Baik darat,  laut, maupun udara ) SADAR akan hal ini.

 Terimakasih yah udah kembali mampir ke blog gw, Seperti biasa jangan lupa follow instagram gw di @adhealbian see you on the next blog..!!

Comments