“Belajar Still Life Photography Bersama Desi Hestyarini Dan Kelas Blogger"


 “Belajar Still Life Photography Bersama Desi Hestyarini Dan Kelas Blogger"

Still Life Photography - Kelas Blogger#25


Siapa yang gak cinta photography coba? Walaupun gak bisa moto, tapi selalu suka kalo kita jadi objek photo nya ya khan? Hehehe, kali ini coba deh kalian yang menjadi photographer nya dan jadikan suatu objek yang menarik untuk di photo.

Nah pada hari minggu, tepatnya tgl 27 Januari 2019 kemarin, gw menjadi salah satu undangan terpilih di acara #kelasblogger25 yang tentunya dibuat oleh @kelasblogger. Di acara kelas blogger ke 25 ( kelas blogger pertama di tahun 2019 ) ini thema nya sangat menarik, yaitu Still Life Photography.

Apa sih Still Life Photogrphy? Nah untuk menjawab itu, kelas blogger menghadirkan pemateri yang sangat kompeten dan tentunya ahli di bidang photography. Ladies and gentlemen please welcome Desi Hestyarini ( IG : rheens_tya ).

Mba Desi Hestyarini bersama MC Agil

Sebelum ikut kelas nya, gw pun langsung melipir ke IG nya mbak tyarin ( sapaan nya mba Desi Hestyarini ). Photo – photo nya hai hai aduhai banget beb, dan tanpa pikir panjang langsung cusss gw follow, senengnya lagi langsung di follow back. Hehehehe

Acara yang diadakan di Nutrifood Inspiring Centre – Apartment Menteng Square Jakarta ini berlangsung dari jam 9 pagi sampai dengan jam 2 siang. Mba Tyarin sharring mengenai berbagai macam hal tentang Still Life Photography.

Still Life Photography

Jadi, Mba Tyarin bilang still life photography adalah sebuah photograpahy yang menjadikan benda – benda mati menjadi lebih hidup dan berbicara. Nah gimana tuh?

Untuk menjawab itu, Mba tyarin juga memberikan 4 aspek penting dalam membuat atau menciptakan karya foto Still Life Photography, Pertama adalah adanya niat dan minat bebh, jadi kalo ada hal ini tentunya bisa membangkitkan gairah kita untuk memotret, Kedua adanya passion, jadi emang passion juga kudu ada bebh supaya photo kita juga enggak yang asal-asalan lah intinya, nah yang Ketiga adalah Tema Photo, Mba tyarin bilang kalao untuk foto pribadi atau hobi, tema sih bisa apa aja bebh alias bebas, nah kalian juga bisa ATM ( yaitu Amati Tiru dan Modifikasi ) akun – akun yang menurut kalian juga bisa menjadi Inspirasi. Dan yang Keempat adalah Style and Tone, bicara Style, mba tyarin juga bilang kalo style balik lagi ke selera atau pilihan masiing – masing, nah kalau untuk Tone, biasanya turut mendukung kuatnya “feeling” kalian tuh beb dalam memotret sebuah objek photo. Tone tersebut seperti bright, dark, mid dark, rustic, warm, dan cool.

Ini adalah hasil Photo Flatlay yang diarahkan langsung oleh Mba Tyarin

Selain itu, ada juga pembahasan tentang Diafragma, ISO, Backlight, Komposisi ( Rules Of Third, Golden Triangle, White Balance, Dead Center dan Angle ). Jadi beb, kalo kalian mau photo, kudu perhatiin yang namanya EDFAT ( Entire, Detail, Framing, Angle and Timing ).

Lebih lanjut lagi, Mba Tyarin menginformasikan banyak hal seperti bagaimana meng“akal”i photo yang udah melewati dari golden hour, bagaimana cara mendapatkan cahaya buatan, bagaimana memanfaatkan properti atau peralatan – peralatan rumah yang ada di sekeliling kita yang tanpa kita sadari, itu akan menjadi sebuah props pendukung yang ciamik untuk objek photo.

Ini hasil jepretan gw pas praktek bareng sama peserta kelasblogger - 25

Setelah dapet materi yang mateng dari Mba Tyarin, semua peserta yang hadir ( yang kurang lebih 20 an orang ), wajib melakukan praktek photography yang layout dan properti nya sudah disiapkan langsung oleh Mba Tiarin. Semua peserta tentunya sangat antusias, ada juga peserta – peserta yang memanfaatkan property lain ( yang ada di ruangan ) menjadi property pendukung untuk dijadikan sebuah objek photography. Enggak berhenti disini bebh, abis photo – photo, dipilih lah 5 pemenang yang sesuai dengan kategori juri – juri tentunya. Selamat yah untuk para pemenang.


Ini hasil jepretan gw pas praktek bareng sama peserta kelasblogger - 25

Yang sangat disayangkan sih waktunya yang kurang lama hehe, tapi sangat menyenangkan dan tentunya banyak ilmu yang diserap. Tapi jangan sedih bebh, Mba Tyarin kasih Tips yang patut dicoba dalam melakukan still life photography, nih tips nya :

1.       Pikirkan Konsep
2.     Apa yang mau “dibicarkan” didalam foto tersebut
3.     Melatih Menggali Ide
4.     Berdayakan barang disekitar kita
5.     Berdayakan dengan baik pencahayaan yang ada ( natural light )
6.     Jangan takut berekspresi bebas
7.     Perbanyak melihat referensi ( follow akun – akun kece lokal / luar negeri )
8.     Edit foto simple di handphone ( jika belum kuasi Photoshop, dll ).


Ini adalah Para Pemenang Photo nya bersama Mba Tyarin


Fyi, jadi kelas blogger ini sering banget ngadain acara yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Ini adalah kali ketiga gw ikut acara yang diadain sama Kelas Blogger. Dan selalu excited kalo ikut kelas nya, selain nambah wawasan tentunya bisa kenalan sama kakak – kakak blogger yang ciamik dari segala sisi hehe. 

Sebelum pulang ke rumah masing – masing, kita pun enggak menghilagnkan moment “Photo Bareng” yeaaay, here we are.


Foto Peserta Kelas Blogger#25 bersama Pemateri Desi Hestyarini

Thankyou Kelas Blogger, Thankyou Mba Desy Hestyarini, dan Thankyou buat temen – temen yang kemarin ikutan #Kelasblogger25 sampai jumpa lagi di kelas - kelas berikut nya..! Oiyah Jangan lupa follow instagram gw yah bebh @adhelabian 






Comments