BELAJAR BAHASA INGGRIS KINI TAK LAGI SULIT



www.adhealbian.blogspot.com



Masih ingat kah artikel saya tentang hal – hal yang bisa dilakuin selama #dirumahaja ? Salah satu nya adalah “Belajar apa saja”. Yup belajar apa saja, dari mulai masak, nulis, bikin konten dan juga lain – lain. Yang belum intip, bisa klik ini yah 10 Kegiatan ini bisa kamu lakukan saat #dirumahaja. 

Nah, kali ini saya mau share tentang kegiatan belajar yang emang selalu menjadi pelajaran favorite juga semasa sekolah dulu yaitu Belajar Bahasa Inggris.

Belajar Bahasa inggris kali ini memang berbeda, dikarenakan kondisi pandemi seperti sekarang, maka kegiatan belajar mengajar nya dialihkan menjadi online. Well, tapi itu tidak menyurut kan semangat saya dan temen – teman sekelas untuk bisa belajar Bahasa Inggris bersama – sama.

TENTANG BELAJAR BAHASA INGGRIS

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat universal dan bahasa yang hampir diseluruh dunia menggunakan bahasa inggris.

Semasa SMA pelajaran ini selalu menjadi favorite, hampir setiap kegiatan yang berkaitan dengan bahasa inggris selalu dilibatkan. Salah satu nya adalah Lomba Pidato Bahasa Inggris di sekolah yang mendapatkan hadiah 1 pak buku tulis dan cemilan buat dibagi - bagi ke temen - temen sekelas pada waktu itu.

Semenjak dari situlah keinginan untuk belajar Bahasa Inggris semakin menggebu – gebu, tapi apa daya biaya kursus pada waktu itu sangat lah dahsyat hehe, jadi mensiasatinya adalah dengan mengikuti cara temen – temen  saya dalam belajar Bahasa Inggris, dari mulai nonton film sampai dengan baca buku yang bertuliskan Bahasa Inggris. 

Banyak nya platform / media yang digunakan dalam belajar Bahasa Inggris, memang sangat memudahkan kita  untuk meningkatkan Bahasa Inggris, tetapi alangkah lebih baik jika kita bisa bertatap muka langsung dan menanyakan beberapa hal yang tidak dimengerti ke yang ahli nya. Itulah kenapa Belajar / Kursus Bahasa Inggris tuh selalu menjadi impian saya, sayangnya masih saja memukan kendala. 

Tapi, betapa beruntungnya saya kali ini, mendapatkan kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris dari Komunitas ISB, yang memang selalu memberikan ilmu dan juga kesempatan – kesempatan yang langka kepada anggota – anggota komunitas nya.

sumber gambar : Instagram @komunitasisb

Well, beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan kabar gembira karena terpilih menjadi salah satu dari 10 orang untuk mengikuti Kursus Bahasa Inggris bersama TBI ( The British Institute ) Pondok Indah Jakarta. Gimana perasaanya? tentu sangat senang dan so blessed dapat kesempatan ini.

SEKILAS TENTANG TBI ( The Bristish Institute )

Jadi, The British Institute ( TBI ) ini mulai didirikan pada tanggal 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang memang fokus nya adalah ke pembalajaran Bahasa Inggris.





Tahu kah kamu kalau TBI ini adalah tempat kursus Bahasa inggris yang terdepan dan pertama yang mengutamakan mutu dan kualitas nya dengan sangat baik?. Terlihat lho dari cara mereka berkomitmen dalam mengembangkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kualitas belajar mengajar.

Perlu diketahui juga bahwa menguasai kemampuan belajar bahasa Asing terutama Bahasa Inggris sebagai 2nd language, pastinya akan menjadi nilai lebih yang bisa dipergunakan / dimanfaatkan seumur hidup. Untuk itu, TBI juga menjamin bahwa semua tenaga pengajar nya telah memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standard Internasional.

www.adhealbian.blogspot.com

Tidak heran, saat saya belajar kemarin, saya mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa karena pengajar – pengajar nya yang sangat welcome dan juga sangat friendly, membuat saya dan teman  - teman sekelas semakin antusias untuk belajar Bahasa Inggris.

TENTANG KEGIATAN KURUS BERSAMA TBI

Well, saya dan teman – teman sekelas mendapatkan jadwal kursus dengan TBI itu pada tanggal 13, 15, dan 17 April 2020 ( Senin, Rabu, dan Jumat ). Setiap hari nya, kami semua memulai kelas pada Pkl. 13.00 WIB dan berakhir Pkl. 15.00 WIB ( 2 Jam ).

Bagaimana kami melakukan kegiatan belajar mengajar kemarin secara efektif?

Well, selain sudah terjadwal dengan baik, kegiatan belajar kami pun semakin maksimal lagi dengan menggunakan google classroom dan juga aplikasi tatap muka yang lagi banyak pengguna nya saat ini yaitu ZOOM.

Dihari pertama, aplikasi zoom tidak kami gunakan, dikarenakan ada beberapa teman kelas yang bermasalah dengan jaringan dan hal – hal lain. Begitupun dengan hari kedua, jadi kita lebih fokus interaksi belajar nya juga melalui google classroom.

www.adhealbian.blogspot.com

Dengan pengajar di hari pertama dan kedua yaitu Ms. Lesley, kami belajar mengenai pemahan tentang artikel dan blog. Kemudian hari kedua mengenalkan tentang kata – kata sifat ( adjectives ) yang bisa membantu tulisan kita lebih enak dan juga nyaman dibaca.

Dihari ketiga, kami berganti pengajar, kali ini dengan Ms. Tamara Tanuatmadja. Beliau sangat menyenangkan, friendly dan juga sangat lugas dalam menjelaskan setiap materi.

sumber gambar : WA Group

Di kesempatan hari terakhir, kita berhasil menggunakan applikasi Zoom dan tatap muka dengan pengajar dan juga teman – teman kelas. Kelas nya seru sangat – sangat interactive. Well, di hari ketiga ini kami belajar lebih dalam mengenai bagaimana menggunakan kata sifat tadi kedalam sebuah tulisan product review.

Oiya, buat temen – temen yang belum tahu, Kursus ini diberikan atas kerjasama TBI dan juga Komunitas ISB. Seperti yang diketahui juga bahwa Komunitas ISB ( Komunitas Indonesian Blogpreneur ) ini adalah komunitas yang tentunya berisi para blogger, maka kursus kali ini memang belajar nya tentang tulis menulis ( Blogger Writing Academy ).

sumber gambar : WA Group

Dari mulai membedakan artikel dan blog, cara menulis artikel dan blog yang baik gimana, sampai pengenalan – kata – kata sifat dalam bahasa inggris yang sangat membantu kita dalam menulis sebuah blog atau artikel. Well, mereka sangat membantu sekali dalam menjelaskan setiap materi dan sama sekali tidak membuat saya dan teman - teman kesulitan. 

Bagaimana dengan nilai tugas selama belajar kemarin?

Nilai – nilai tugas selama tiga hari tersebut Alhamdulillah tidak terlalu mengecewakan. Senang banget dapat nilai tersebut dan juga dapat masukan – masukan yang sangat membangun dari pengajar – pengajar TBI kemarin.

www.adhealbian.blogspot.com

Nah buat temen – temen yang pengen belajar juga di TBI, di TBI tidak hanya belajar tentang tulis menulis saja, melainkan ada beberapa kelas yang gak kalah menarik seperti berikut :
-    Young Learners ( yang meliputi kelas anak hingga remaja, mulai dari usia 4 tahun – 15 tahun )
-         Global English
-         Conversation
-         Academic English ( meliputi kelas untu persiapan IELTS & TOEFL )
-         Proffesional English ( meliputi kelas Business Communication, Writing & Presentation )
-    Teacher Training ( kelas ini merupakan pelatihan untuk mereka yang ingin menjadi guru Bahasa Inggris )

Dengan tenaga pengajar yang sangat qualified¸tentunya membuat semua kelas – kelas tersebut akan berjalan dengan sangat baik dan professional. Saya gak akan bilang gini sih kalau belum ngerasain sendiri.

BANYAK UNTUNG BELAJAR DI TBI

Well, seperti yang saya sampaikan diatas tadi, bahwa selain komitmen dalam megembangkan kepercayaan masyarakat, TBI juga nggak sembarangan dalam memilih tenaga pengajar nya. Jadi, menurut saya, TBI emang paling pas buat temen – temen yang ingin belajar Bahasa Inggris lebih dalam lagi.

www.adhealbian.blogspot.com

Nih yah perlu temen – temen ketahui juga bahwa TBI adalah satu – satu nya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA ( Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages ), dan hal ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metodologi pengajarannya.

Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas belajar di TBI ( The British Institute ). Karena selain kualitas nya, temen – temen juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan kursus bersama TBI. Keuntungan – keuntungan tersebut adalah  :
1.    Jadwal kelas yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebtuhan karena TBI memiliki kelas dari Senin – Sabtu yang di mulai Pkl. 09.00 pagi – 09.00 malam.
2. Tenaga pengajar baik asing maupun lokal yang berpengalaman dan memiliki standard kualifikasi Internasional.
3.     Metode pembelajaran yang menyenangkan
4.  Bisa belajar dimana saja dan dari mana saja karena TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara online, asalkan koneksi internet nya ckup stabil.
5.    Biaya kursus yang terjangkau.

Info penting lagi nih buat temen – temen yang ingin kursus di TBI, berikut adalah lokasi - lokasi TBI yang sudah ada di beberapa titik di Indonesia :
-         Jakarta ( Pondok Indah, Kuningan, dan Kelapa Gading )
-         Cibubur
-         Depok
-         Tangerang ( BSD, Gading Serpong )
-         Bandung ( Riau, Dago, Festlink )
-         Malang, dan
-         Bali

Untuk informasi lebih detail, temen – temen bisa hubungi :
0895 4119 50535 / 021-7510020
email ke  marketing@tbi.co.id atau kunjungi website: www.tbi.co.id
Instagram : @my.tbi

Well, pengalaman ku belajar dengan TBI sangatlah menyenangkan, terlebih saat sedang #dirumahaja tapi bisa tetap produktif dengan belajar Bahasa Inggris bersama TBI, ya walaupun kurang lama sih waktu belajar nya hehe.

Oiya, buat temen - temen yang masih bingung nyari tempat kursus Bahasa Inggris, saya sangat merekomendasikan The British Institute ( TBI ) ini untuk belajar Bahasa Inggris secara mendalam. Semangat yah belajar Bahasa Inggris nya demi menunjang kehidupan kita yang lebih baik.

Tonton juga nih video youtbe saya saat kemarin belajar Bahasa Inggris bersama TBI. Dont forget to like, comment, and subscribe..!



Terimakasih untuk Komunitas ISB yang sudah memberikan kesempatan ini kepada saya, Terimakasih juga kepada TBI telah memberikan pengalaman belajar menyenangkan bersama Ms. Lesley dan Ms. Tamara, serta terimakasih juga kepada teman – teman kelas Blogger Writing Academy kemarin. Sukses selalu buat kita semua.

www.adheabian.blogspot.com

Sampai ketemu di blog Adhe berikut nya yah ;) Adhe Albian signing out…!!!


Comments

  1. Keren ya, bisa belajar bareng TNI. Kapan lagi ditengah pandemik kayak gini, bisa dapat ilmu bermanfaat, apalagi ini tentang keahlian dalam berbahasa Inggris. Jadi penasaran ingin ikut juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak, kudu bener-bener dimanfaatkan. Jangan lupa colek kontak person nya yah untuk info lebih detail ;)

      Delete
  2. Iya nih di Bandung aku pernah lihat dan ada temenku yang ikutan juga. Wah keen ya bisa di rumah juga, nanti tak tawarin anakky yang butuh juga nih buat tambahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, bisa dirumah, teacher nya juga sangat kekinian dan tidak membuat murid nya bosan ;)

      Delete
  3. Wah, keren banget ya Mbak, bisa belajar bahasa Inggris di kursusan yang keren banget. Dulu semasa mahasiswa saya pernah kursus juga, jadi pengen nambah skill bahasa nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mba, jangan bosan untuk asah skill bahasa nya lagi yah mba hehe

      Delete
  4. Waah seneng banget yah Jam dapat kesempatan belajar kemarin. Salut sama TBI yang open kejasama. Aku jadi ingat semasa kuliah pernah kerjasama dengan TBI saat komunitasku ngadain festival studi luar negeri. Alhamdulillah panitia ya berkesempatan dapat simulasu IELTS gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sangat menyenangkan mendapatkan pengalaman ini ;)

      Delete
  5. Tertarik banget nih jadi ingin daftar buat saya dan anak saya. Sementara kalau belajar di rumah kadang lupa terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senang sekali, silahkan hubngi TBI nya langsung yah Mba unutk informasi yang lebih mendetail ;) Semoga anak mba jadi anak yang pintar berbahasa inggris ;)

      Delete
  6. Duh ilmunya pasti bermanfaat banget nih kelak untuk perkembangan blog yg kita kelola. Secara bahasan Inggris ini diperlukan banyak pihak kena ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, makannya semangat banget kemaren pas dapet kesempatan belajar Bahasa Inggris bareng TBI ini. Karena manfaat untuk jangka panjang nya juga dapet ;)

      Delete
  7. TBI ini saya udah tau sejak remaja dan terkenal bagus.
    Jadi gimana Mas Ade apakah tertarik bikin tulisan blog dengan B Inggris? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya teh, pengen coba sih, kemarin ada tugas nulis artikel dalam Bahasa Inggris juga yang dikasih dari TBI. Alhamdulillah nilai nya gak jelek, tapi kudu pupuk percaya diri yang lebih tinggi nih teh kalo mau nulis di Blog pakai Bahasa Inggris hehe ;) semoga one day bisa, anw nuhun Teteh ;)

      Delete
  8. Keren banget kelasnya, senang bisa belajar bareng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng juga bisa jadi classmate nya Kak Uni di Batch 1 yah hhehe

      Delete
  9. anak saya juga sekarang belajar bahasa inggris dari rumah aja karena ada pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mba, semoga anak nya bisa pinter dan cas cis cus ngomong bahasa inggris nya aamiin.

      Delete
  10. aku kayaknya harus ngegas lagi deh kak Adhe buat belajar bahasa inggris, terutama untuk bahasa inggris aktif. TBI ini adi solusi sistem belajar bahasa inggris jaman now ya

    ReplyDelete

Post a Comment