Minuman Herbal Alami Dari Jahe Merah Yang Mempunyai Banyak Manfaat



 
www.adhealbian.blogspot.com


Yuhuu, sudah hari ke berapa nih temen – temen berada #dirumahaja? Udah ngelakuin apa aja pada saat karantina diri dirumah? Kalo masih bingung silahkan cek disini yah.

Perkembangan kasus virus Corona di RI terus meningkat nih kak, jadi lindungi diri dan orang lain dengan tidak keluar rumah dulu sementara waktu. Kesehatan pun perlu lebih ditingkatkan lagi, terus jangan lupa sering – sering cuci tangan menggunakan sabun selama min 20 detik yah.

Instagram @detikcom

Dilansir dari @detikcom, data kasus di Republik Indonesia menjadi 579 kasus ( 23 Maret 2020 Pkl. 15.44 WIB ). Pemerintah juga sudah melakukan berbagai langkah dalam menangani dan memutus rantai virus corona ini. Yuk bantu pemerintah dengan mengikuti himbawan yang telah mereka informasikan.

Salah satu langkah yang tepat untuk memutus rantai penyebaran virus ini yaitu dengan tetap #dirumahaja atau mengkarantinakan diri kita sendiri. Please, jika dirasa memang tidak perlu – perlu banget jangan keluar rumah dulu yah.

Jangan khawatir, banyak kok yang bisa kamu lakukan saat kamu mengkarantinakan diri dirumah. Baca : 10 kegiatan ini bisa kamu lakukan saat karantina dirumah.

Ngomongin tentang karantina diri dan juga meningkatkan kesehatan, banyak dari masyarakat yang akhirnya jadi lebih aware akan asupan makanan dan minuman yang sehat. Dari mulai banyak mengkonsumi sayur dan buah, bahkan sampai ada yang membuat ramuan / minuman herbal sendiri.

Belakangan, satu bahan herbal ini lagi rame banget dan jadi rebutan, terutama emak – emak hehe. Udah tau apa? Yup JAHE MERAH.

APA ITU JAHE MERAH?

Jahe Merah ini adalah salah satu jenis jahe yang popular dipasaran ( dua lainnya jahe gajah dan jahe kuning). Seperti yang kita tahu Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah – rempah dan bahan obat.

Nah, Jahe Merah ini diketahui memilki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat nya lebih besar dibanding jahe biasa ( wikipedia ).

 Banyak informasi yang saya baca, bahwa harga Jahe Merah ini jadi melonjak tinggi karena peminat nya yang begitu banyak. Salah satu berita yang saya baca adalah dari Tempo.co, yang menyebutkan bahwa harga Jahe Merah melonjak menjadi Rp. 90.000,- / kg nya ( yang sebelumnya hanya sekitar Rp. 35.000,- / kg ). Silahkan cek untuk berita lengkap nya disini yah.

Nah, buat temen – temen yang punya stok Jahe Merah atau akan membeli Jahe Merah, jangan didiemin aja Jahe Merah nya, mending kita sama – sama buat minuman herbal nya.

Well, informasi ini saya dapat dari teman saya yang rajin banget meminum minuman herbal Jahe Merah, namanya Diana Nopita. Hai Kak Diana hehe.

Kak Diana dengan senang hati lho berbagi informasi tentang Jahe Merah ini, dari cara membuat nya, bahan – bahan yang perlu disiapin dan yang paling penting adalah manfaat / khasiat nya. Langsung aja kita simak yuk..!

BAHAN – BAHAN MEMBUAT MINUMAN HERBAL JAHE MERAH

www.adhealbian.blogspot.com

-         Jahe Merah
-         Sereh
-         Cinnamon ( Kayu Manis )
-         Gula Jawa / Gula Aren
-         Tambahan limo / lemon, dan
-         Creamer


CARA MEMBUAT / MEMASAK NYA

www.adhealbian.blogspot.com

          Setelah kita mengetahui bahan – bahannya apa aja, dan tentunya sudah kita siapin, sekarang saat nya kita buat / masak ramuan / minuman herbal Jahe Merah nya. Check it out..!!

-         Bersihkan semua bahan
-         Rebus semua bahan yang tadi sudah kita bersihkan
Catatan : Rebus bahan tersebut sampai dengan mendidih dan sampai harum nya kayu masnis dan jahe merah nya tercium.
-         Untuk limo / lemon jangan ikut direbus yah, ini hanya untuk tambahan rasa saja.
-         Setelah mendidih dan kecium  harumnya, silahkan tuang ke dalam cangkir / gelas, dan
-         Selamat menikmati

MANFAAT / KHASIAT MINUMAN HERBAL JAHE MERAH

www.adhealbian.blogspot.com

          Gimana gampang kan dapetin bahan dan cara buat minuman herbal jahe merah nya? Setelah dapetin bahan, terus masak, dan tentunya meminum ramuan herbal jahe merah ini, lalu apa sih manfaat / khasiat yang bisa kita dapet? Langsung aja kita cek yuk.!

          Berikut adalah manfaat / khasiat yang bisa kita dapat dari minuman herbal jahe merah ini :

1.       Menghangatkan badan
2.     Untuk menurunkan kolesterol
3.     Menangkal infeksi bakteri dan virus
4.     Obat anti mual
5.     Membantu meningkatkan system imun tubuh
6.     Mengatasi gangguan pencernaan
7.     Meningkatkan fungsi otak
8.     Meredakan rasa nyeri ( otot dan sakit kepala )
9.     Mengurangi sakit saat menstruasi
10.  Meringankan gejala arthritis ( nyeri sendi )
11.    Berpotensi menangkal kanker
12.  Menurunkan kadar gula darah

Nah, saya sangat setuju sekali bahwa ramuan herbal itu selalu banyak manfaat nya, terlebih jahe merah ini yang sekarang jadi bahan rempah yang paling banyak dicari. Silahkan dicoba yah teman - teman, semoga setelah dikonsumsi kita dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Ohiya, setelah membaca dan menelaah apa saja manfaat / khasiat dari jahe merah ini, nggak heran kalau jahe merah jadi rebutan yah bahkan sampai harga nya melonjak tinggi lho. Kalo di daerah kamu gimana harga jahe merah nya?

Well, nggak bosen – bosennya saya bilang semoga virus corona ini segera lenyap, semua masyarakat Indonesia bahkan dunia bisa kembali pulih seperti sedia kala, masyarakat bisa kembali beraktivitas untuk mencari rezeki nya Aamiin.

Terimakasih yah sudah kembali melipir ke artikel saya lagi, jangan bosen – bosen lho hehe. Sampai ketemu lagi di artikel – artikel berikut nya yah.

Adhe Albian signing out..!!



Comments

  1. Sepakat dengan jahe merah ya, Mas.
    Tapi di Bali sekarang harganya sudah mencapai 125,000/kg.
    Parah-lah.
    Karena masyarakat kita ini masyarakat latah gitu.
    Kebetulan kalau di rumahku kami sudah konsumsi ini jauh sebelum Covid-19 merebak jadi gelisah banget-lah dengan kenaikan harga jahe merah, hahaha.

    Ganti jahe biasa bisa sih, cuma kurng sreg xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun mba hani, itu mahal banget jadi 125k / kg. Semoga bisa segera lenyap yah mba han Covid-19 ini, biar semuanya kembai seperti sedia kala. Sehat- sehat selalu yah mba Hani dan Keluarga ;)

      Delete

Post a Comment