JANGAN PANIK HADAPI VIRUS CORONA..!



www.adhealbian.blogspot.com


Seperti yang sudah kita semua tahu, bahwa World Health Organization ( WHO ) telah menetapkan virus corona sebagai Pandemi. Artinya virus corona ini merupakan wabah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi yang berkelanjutan.

Tentunya ini sudah sangat berbahaya terlebih melihat perkembangan orang – orang yang terkena virus corona semakin bertambah. Dilihat dari instagram detikcom, angka lonjakan yang terkena virus tersebut sudah mencapai 369 kasus ( Per 20 Maret 2020 Pkl. 15.30 ).

Sumber : Instagram @detikcom

Tindakan berupa himbawan dari pemerintah pun sudah diumumkan jauh – jauh hari, salah satunya adalah untuk membuat semua lapisan masyarakat sebisa mungkin berdiam diri dirumah, dari mulai melakukan pekerjaan sampai dengan Ibadah atau yang biasa disebut dengan Social Distancing.

Artinya himbawan tersebut bukanlah main – main. Tapi masih adanya warga yang harus keluar rumah untuk melakukan pekerjaan, ini juga masih menjadi PR dari pemerintah Indonesia, bagaimana agar semuanya bisa berjalan dengan baik.

Well, tahu kah kamu sebagian orang mengangap bahwa berita – berita yang muncul mengenai tingkat orang – orang yang terkena virus semakin meningkat, membuat orang semakin panik? Tapi perlu diketahui juga bahwa keberadaan berita – berita tersebut justru menjadikan kita semua harus lebih “aware” akan virus corona ini.

Aware dalam berbagai hal, menjaga diri, menjaga kesehatan orang lain, dan juga termasuk mengikuti himbawan pemerintah untuk kita sebisa mungkin melakukan aktivitas #dirumahaja . Jika dirasa tidak perlu keluar, maka janganlah keluar rumah, mari bersama – sama memutus rantai penyebaran virus corona tersebut dengan berdiam diri dirumah.

Kepanikan hanya membuat kita semakin banyak memikirkan hal – hal yang negative, salah satu yang kita ketahui bersama adalah kejadian “panic buying” dimana semua orang berbondog – bondong memborong belanjaan sampai – sampai stok habis, yang menyebabkan orang lain tidak kebagian.

Yuk kita percaya bersama, bahwa coronavirus ini akan segera hilang / lenyap dan tidak akan kembali lagi. Saya optimis sekali dengan doa dari kita semua dan juga segala tindakan yang dilakukan oleh pemerintah kita, bisa menjadikan semuanya kembali seperti sedia kala.

Jadi, jangan panik hadapai virus corona ini. Mungkin ada yang bilang “ngomong sih gampang, tapi ngelakuinnya gimana?”. Jangan dibuat pusing dan ribet deh kak hehe, nih saya kasih cara nya biar gak terlalu panik hadapai coronavirus ini. Yuk intip bareng – bareng :

Infographic ( www.adhealbian.blogspot.com )


1.       Berfikir Positif
Yup, saya percaya banget dengan semua orang berfikir positi bahwa kita bisa memberantas virus corona ini, saya percaya pikiran kita yang positif membawa ke tindakan – tindakan yang positif pula. Bayangin nggak semua orang Indonesia melakukan ini? Pasti nya Indonesia menjadi lebih baik dan bisa dijauhi oleh virus corona.

2.     Yuk Tingkatkan Doa
Sempet denger kah teman – teman bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump menetapkan 15 Maret menjadi Hari DOA Nasional di Amerika Serikat. Hal ini menjadi perbincangan di semua kalangan, termasuk selebritis tanah Air VJ Daniel, yang ikut menyuarakan hal ini dan mengajak Pak Presiden RI Jokowi untuk membuat Hari Doa Nasional juga seperti yang diakukan oleh Trump.

Percayakan kekuatan doa gimana? Daniel Mananta juga mengajak kita untuk coba membayangkan gimana jadinya jika Doa dari 6 agama dengan ritual yang berebeda untuk 1 tujuan yang sama, seberapa kuat Doa gabungan kita tersebut?

Well, intinya kita pribadi harus rajin berdoa daripada mikir banyak hal – hal yang negative. Yuk perbanyak doa.

3.     Ikuti Himbawan dari Pemerintah
Percayalah bahwa semua tindakan yang dilakukan Pemerintah Indonesia adalah yang terbaik buat kita semua. Kita boleh banget menyuarakan pendapat ke mereka asal dengan cara yang baik dan bijak, Pemerintah pasti sudah memikirkan segalanya. Jadi yuk sama – sama bantu dan dukung pemerintah juga.

4.     Social Distancing? Tak Masalah
Nah salah satu himbawan pemerintah adalah Social Distancing, jadi semua aktivitas sebisa mungkin dilakukan dirumah saja. Dengan kamu melakukan hal ini, artinya kamu sudah membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus corona ini dan jauh dari rasa panik.

5.     Lakukan Kegiatan Positif
Selama social distancing, jangan pusing lho, karena banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan dirumah aja, salah satu nya ya seperti yang saya lakukan sekarang ini yaitu menulis, memberikan informasi yang positif yang siapa tahu kita satu sama lain bisa saling menguatkan dan yakini bersama bahwa virus ini akan segera lenyap dari muka bumi.

6.     Jalani Hidup Sehat
Mengatur pola hidup sehat tentu sudah menjadi kewajiban dari kita masing – masing. Dengan hidup sehat segala aktivitas juga bisa kita lakukan terlebih lagi imun kita bisa menjadi lebih kuat sehingga mencegah virus corona hinggap di kita.

Jangan lupa rajin – rajin cuci tangan dengan sabun yah…!!

7.     Update Berita Positif
Jika kamu termasuk salah satu orang yang masih panik sampai detik ini, please jangan panik lagi yah, karena banyak kok berita yang menyampaikan informasi yang positif, salah satunya adalah :

Sumber : cnbcindonesia.com

Dilansir dari CNBC Indonesia yang menginformasikan bahwa Presiden Jokowi telah mengungkapkan sudah ada nya resep obat hasil riset dan pengalaman beberapa negara yang bisa diterapkan untuk mengobati pasien corona atau Covid-19.

Jadi beneran emang gak perlu panik menghadapi virus corona ini yah kak. Dan

8.     Jangan Termakan Berita HOAX
Ternyata masih ada lho, orang – orang yang mudah termakan HOAX akibatnya ya gitu panic yang berlebihan yang mengakibatkan mereka jadi berfirikir yang tidak – tidak.

Keadaan darurat seperti sekarang, masih saja banyak oknum – oknum yang memanfatkan situasi ini dengan memberikan / menyebarkan berita / informasi yang tidak jelas.

Jadi, sebagai masyarakat yang cerdas, ada baiknya untk selalu mencari sumber berita yang terpercaya. Jangan gampang percaya dengan berita – berita yang tidak jelas asal usul kebenarannya.

Manfaatkan sosial media mu dengan bijak, cari lah media – media berita yang terpercaya dan akurat, sehingga kita jauh dari hoax.

Saya yakin sih banyak teman – teman yang membaca ini sudah tidak lagi panik. Dengan melakukan berdiam diri dirumah saja, itu sudah merupakan tindakan yang superhero lho dan juga  merupakan suatu bentuk kepercayaan bahwa kita bisa bersama – bersama bersatu mengenyahkan virus corona secepat mungkin.

Hal terpenting yang bisa kita lakukan saat ini adalah rajin berdoa, ikuti himbawan pemerintah, take care of yourself and always be safe.

“YUK KITA BERSATU MEYAKINI DAN OPTIMIS BAHWA VIRUS CORONA AKAN SEGERA MENGHILANG SEHINGGA KITA SEMUA SEHAT DAN BISA KEMBALI BERKEGIATAN SEPERTI SEDIA KALA”

Thankyou for visit, Adhe Albian Signing Out…!!!

Comments

  1. kalau aku sementara menghindari dulu media sosial mas
    paling cuma buat share blog post aja
    yang penting tetap berpikir positif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen ku banyak juga yang gitu mas, katanya buat self healing juga ;)

      Delete
  2. Himbauan buat ga panic buat beberapa orang malah mengarah ke ignorance. Aku tuh gemes banget.

    Saat di blg dont lanic but stay alert kan harusnya mereka faham. Kalau bukan mereka yg sakit tapi bs jadi carrier.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka gemes banget yah mba han, padahal berita berkembangnya kasus covid-19 dari hari ke hari, tapi tetep aja mereka hiraukan :(

      Delete

Post a Comment