CARA MUDAH GANTI PASSPOR ANTI REPOT


www.adhealbian.blogspot.com


  

Satu hal yang terus menerus harus saya kejar adalah bisa menjelajah Dunia. Tinggi banget nggak sih? Hehe nggak apa lah yah, doakan saja bisa liburan kemanapun yang dimau hehe.

Ngomongin liburan keliling dunia. emang selalu banyak aja sih bahasannya, dari mulai destinasi – destinasi impian, penginapan yang asik dikantong, tiket murmer, bahkan sampai ke hal yang tidak boleh lupa yaitu PASSPOR.

Nggak pernah kepikiran awalnya akan punya Passpor, berteman dengan pecinta traveler, memutuskan saya untuk segera membuat Passpor pada waktu itu. Destinasi pertama keluar negeri nggak muluk – muluk yaitu Malaysia dan Singapore.

Tahun ke tahun kesibukan pekerjaan pun semakin mengikat, kepikiran liburan pun nggak, sampe – sampe nggak sadar kalo masa berlaku Paspport saya sudah habis.

Hal tersebut selalu jadi kendala ketika temen – teman saya mengajak saya pergi liburan keluar negeri. Jadi, karena menurut saya hal ini sangat penting, maka saya pun memutuskan untuk segera perpanjang passpor, eitts wait bukan perpanjang tapi pergantian passpor.

Informasi dari Kantor Imigrasi, tidak ada istilah perpanjang passpor melainkan pergantian passpor, karena passpor beserta nomor nya akan diganti menjadi yang baru.

Sempet kepikiran kalo “duh males banget harus ganti passpor, karena akan kembali ke kantor imigrasi dari subuh dan ngantri panjang sebelum kantor buka” but yeaaaay sekarang bikin passpor gak sesusah mencari pasangan hidup saya, lah? Haha. Karena sekarang tuh super – super gampang dan nggak bikin repot sama sekali.

Well, buat temen – temen yang sedang bertanya – tanya atau mungkin juga cari – cari informasi tentang bagaimana proses pergantian passpor, nih saya kasih info Cara Mudah Ganti Pasppor Anti Repot.

Yuk langsung aja, di simak bareng – bareng cara nya :
1.       Download Aplikasi
Yup langkap pertama yang harus diambil adalah download aplikasi “Layanan Paspor Online” di Play store / Apps Store.


Aplikasi "Layanan Paspor Online"

2.     Registrasi
Setelah download berhasil, langsung temen – temen registrasi, inget yah isi data nya yang lengkap dan sesuai dengan KTP. Jangan lupa juga untuk cek kembali data – data nya sebelum lanjut ke langkah berikut nya.


Registrasi nya bisa by Google / Facebook yah ;)

3.     Pilih kantor imigrasi yang akan kamu datengin.
Setelah data terisi dengan benar, pilih kantor imigrasi yang akan didatengin, pilih kantor imigrasi yang menurut temen - teman nyaman aja. Semua layanan kantor imigrasi sekarang baik kok.

4.   Pilih Tanggal dan Jam yang sesuai dengan pilihan kamu ( pemilihan ini hanya dibuka setiap hari jumat Pkl. 14.00 WIB ).

Nah setelah pilih kantor nya, sekarang tentuin tanggal dan jam kamu akan mengurus passpor. Sepengalaman saya, untuk jam akan mereka bagi 2 yaitu jam pagi ( 09.00 – 13.00 ) dan jam siang ( jam 13.00 – 17.00 ), seinget saya sih gitu yah, yang pasti dibagi dua aja pagi dan siang. Nanti pada saat temen – temen klik pilhan jam pagi misalnya, terus mereka akan info tuh jam nya jam berapa, begitupun ketika temen – temen pilih yang jam siang.

5.     Setelah itu akan dapat nomor antrian dan QR CODE
Setelah semua langkah – langkah tadi udah dijalankan, temen – temen akan mendapatkan QR CODE sebagai nomor antrian. QR Code ini nanti nya akan ditunjukkan kepada petugas imigrasi, yang selanjutnya akan ditukar dengan nomor antrian. Tenang, antri nya juga nggak panjang menguler, pokoknya udah rapih, enak dan nyaman banget deh.

6.     Simpan ke pdf / Screenshoot dari HP mu.
Untuk menghindarai hal – hal yang tidak diinginkan, sebaiknya QR code tadi di screenshoot atau temen – temen bsa simpan ke pdf. Nanti di apps, ada pilihannya kok.

7.     Siapkan dokumentasi yang dibutuhkan.
Setelah registrasi online nya rapih dan beres, sekarang waktunya siapkan dokumen – dokumen.

     Nah gimana anti repot kan? sekarang kita simak yuk dokumentasi apa saja sih yang disiapkan?

DOKUMENTASI PERGANTIAN PASSPOR

Berhubung kemarin saya melakukan pergantian Pasppor, jadi pada saat daftar di Apps, saya pilih yang “Pergantian / Perpanjangan Passpor”. Untuk yang buat baru, tinggal klik pilhan “Pembuatan Passpor Baru”.

Dokumentasi untuk pergantian passpor yang saya siapkan waktu itu adalah HANYA Passpor lama dan E – KTP asli ( Untuk Paspor yang diterbitkan di dalam negeri sejak tahun 2009 ). Jangan lupa untuk kamu copy dalam kertas A4 ( Tanpa di gunting / di potong yah ). Untuk jaga – jaga kalo saya bawa KK asli dan copy an nya juga.

Seriusan hanya itu? Yup bener banget, selebihnya persiapkan diri kamu dengan baik dengan berpakaian rapih dan ciamik hehe.

PERJALANAN PEMBUATAN / PERGANTIAN PASSPOR

Well, pada hari itu saya memilih tanggal 20 Jan 2020 dan memilih lokasi Kantor Imigrasi dimana saya pertama kali buat passpor yaitu Kantor Imigrasi Warung Buncit Jakarta Selatan. Saat itu saya pilih yang jam pagi.

Pkl. 06.55 pagi, saya pun langsung segera melipir ke Halte Trans Jakarta Grogol, karena dari kosan tinggal jalan kaki sedikit aja hehe.

Dari Grogol saya naik TJ yang ke arah PGC / Pinang Ranti, dan turun di Halte TJ LIPI ( setelah Semanggi ). Pas saya turun disini waktu menunjukkan Pkl. 07.45 pagi.

Di halte TJ LIPI ini saya menunggu TJ dengan jurusan Monas – Ragunan ( Via Semanggi ). Pkl. 07.58 pagi Bus TJ nya pun dateng, yeaay langsung deh naik dan jangan lupa turun tepat di depan kantor imigrasi nya, nama halte nya Halte TJ IMIGRASI.


Halte TJ Imigrasi ( dokpri )

Sampai di Halte Imigrasi tepat Pkl. 08.13 pagi, karena masih ada waktu menuju ke jam 09. 00 ( waktu yang ditentukan saat saya registrasi online ), saya pun langsung menuju ke tukang Bubur Ayam, hehe sarapan dulu, setelah itu 08.45 pagi saya sudah duduk manis.

Kita baru bisa masuk sesuai jam yang tertera di daftar antrian online, waktu itu antrian online saya jam 09.01 – 10.00 pagi. Nah buat temen – teman yang dapat info jam antrian, harap sangat diperhatikan ya, jangan sampai terlambat.

Kantor Imigrasi Warung Buncit Jakarta Selatan ( dokpri )


Fyi, kalau dikantor Imigrasi Warung Buncit ini, temen – temen masuk nya nggak lagi melalui pintu lobby depan, melainkan adanya dibelakang, jadi dari masuk gerbang tinggal lurus aja searah parkiran, nanti disitu akan menemukan orang – orang yang sedang mengurus passpor juga kok.


Seperti ini penampakannya ( dokpri )

Well, tepat Pkl. 09.00 pagi saya pun langsung masuk dan langsung antri untuk menyerahkan berkas / dokumen yang sudah disiapkan. Setelahnya saya mendapatkan nomor antrian dan acces card untuk menuju ke lantai 2.

Nanti kita akan di kasih map kuning ini dengan nomor antrian sebelum ke lantai 2 ( dokpri )


Sesampai nya di antai 2, duduk manis lagi sambil menunggu nomor antrian saya dipanggil. Menunggu sekitar 10 menitan ada kali yah, nomor antrian saya pun dipanggil, yeaay.


Suasana di lantai 2 ( dokpri )

Didepan petugas imigrasi saya langsung di sapa, dan langsung dipersilahkan duduk. Saya diminta mengeluarkan passpor lama saya, karena sebelumnya petugas nya tanya buat baru / ganti passpor.

Setelah itu, saya diminta untuk cek kembali data saya ada yang harus dikoreksi atau tidak ( petugas nya menunjukkan layar computer ). Setelah data benar semua, saya diminta untuk melakukan sidik jari, dan tidak lama saya pun langsung diminta untuk siap2 di photo. Ini sih yang bikin saya amazed, karena saya piker saya akan disuruh nunggu lagi untuk photo, eh ternyata langsung.

Jadi, buat temen – temen yang akan urus passpor, kesana harus udah tampil keche dan rapih yah.

Photo selesai, saya pun langsung mendapatkan semacam Surat keterangan untuk melakukan pembayaran Pasppor. Oiya sebelumnya saya ditanya, ganti passpor nya mau ganti ke passpor biasa atau ke passpor elektronik? Saya pun pilih yang elektronik.

Jadi di surat keterangan pembayaran tersebut sudah langsung tertera berapa nominal yang harus saya bayarkan. Nah untuk pergantian passpor ke e-passport ini saya harus membayar Rp. 650.000,- .

Pembayarannya pun mudah kok, tinggal ikuti petunjuk aja, atau temen – temen bisa ambil semacam brosur dipintu keluar kantor imigrasi, nanti di brosur itu akan ada banyak petunjuk dari mulai melakukan pembayaran sampai dengan persyaratan, biaya dll.

PENGAMBILAN PASSPOR

Pengambilan passpor baru bisa dilakukan sekitar 2 minggu ( 14 hari kerja ) terhitung mulai dari kita melakukan pembayaran.

Untuk memastikan kembali passpor nya udah jadi atau belum, saya melakukan pengecekan melalui nomor WAGS ( Whatsapp Gateaway Service ) 081381710123 dengan mengetik nomor permohonan aja.

Nanti akan mendapatkan balasan, bahwa passpor udah jadi dan bisa diambil pada hari kerja jam 08.00 – 16.00. Saya pun memutuskan untuk mengambil passpor sekitar jam 1 siang.

Tepat tanggal 06 Februari saya ambil deh paspor yang udah jadi, dateng ke kantor imigrasi dan langsung menuju mesin pengambilan paspor, ketik nomor permohonan, lalu print nomor antrian.

Mesin ambil nomor antrian pengambilan passpor ( dokpri )


Udah dapate nomor antrian tinggal tunggu deh, itu pun nggak lama beneran deh. Ambil paspor cuma diminta tandatangan, udah deh passpor langsung dikasih. Yeay Pasppor baru saya jadi dan siap menjelajah dunia..!!

Yeaaaay E-Passport udah ditangan


Well, teman – teman, pelayanan Kantor Imigrasi di Warung Buncit ini luar biasa berbeda dengan yang waktu pertama kali saya buat. Nggak ada lagi ngantri dari jam 2/3 pagi untuk dapet nomor antrian, udah gitu pelayanannya sangat cepat, ramah, dan petugas nya sangat membantu sekali. Terimakasih Kanim Warung Buncit Jakarta Selatan ;) udah bikin pergantian passpor saya anti repot.

Untuk temen - teman yang ingin tahu lebih detail cara pembuatan / pergantian passpor di kanim warung buncit, bisa langsung kunjungi / hubungi :


Website : jakartaselatan.imigrasi.go.id
FB : kanim jaksel
Instagram : @kanimjaksel
Twitter : @kanim_jaksel
WA : 081383735382
SMS : 08126821122
Line : @kanimjaksel

Baiklah semoga artikel ini membantu dan temen – temen juga mendapatkan pengalaman yang serupa yah dikantor imigrasi yang lain. Terimakasih sudah kembali melipir ke blog saya, sampai jumpa di artikel – artikel berikut nya yah. 

Adhe Albian Signing out…!!





Comments

  1. Dulu ku pikir bikin passport itu susah, ternyata gampang banget :v
    Yang penting bawa data yang lengkap dan langkahkan kaki dengan percaya diri supaya petugas imigrasinya yakin.

    Kalau untuk ganti passport aku belum pernah coba, pengen banget sih ganti jadi e pasport pasti bakal banyak banget keuntungannya.

    Kalau dulu aku bikin passport di Bogor pakainya daftar online via whatsapp, kalau sekarang sepertinya semua sudah bisa daftar lewat aplikasi. Semoga segala pengurusan dokumen semakin dipermudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas, sekarang ngurus passport tuh anti repot banget, kemarin tuh ngurus passpor beneran deh nggak lama dan bener juga tuh asalkan dokumen yang dibawa harus sudah sesuai dengan persyaratan, jadi makin mempermudah kita juga ;)

      Delete
  2. Skg jaman serba online qt dimudahkan dengan banyak cara. Harusnya memang gak gaptek y agar semua terjdi mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, makain kesini makin banyak aplikasi yang bikin kita jadi lebih mudah juga ;)

      Delete
  3. Wah, aku pas bikin paspor pertama di kantor imigrasi Warung Buncit loh, caranya online juga. Kalau penggantian paspor baru beluuum. Nanti aku baca lagi deh tulisan ini buat panduan aku :) Jadi 14 hari ya kelarnya sippp tfs :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe masih lama yah masa berlaku nya? Iyes betul mba Nurul, proses nya 14 hari kerja. Jadi saran ku sih jangan nunda lama - lama kalau mau pergantian passpor ;)

      Delete
  4. wah aku jg tadi mikirnya bakal ribet buat perpanjangan paspor. ternyata gampang ya! pasporku habis nanti 2 tahun lagi. makasi infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Mba Inna, seriusan deh ini gampang banget ;)

      Delete
  5. Bener banget. Ganti Paspor udah mudah. Dulu pas tinggal di Sumut, bebas pilih tanggal tapi kayanya di Jakarta harus tunggu tanggal yang kosong yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di jakarta, pada saat kita input tanggal, di apps akan terlihat tanggal mana yang masih available / kosong mba ;) tapi beneran emang ngurus paspor sekaranng sangat mudah ;)

      Delete
  6. Wah sekarang udah mudah banget yaah. Semua seraba digital. Eh tapi jadi lebih enak aslik, soalnya pernah ngersain urus paspor di Bekasi. Lebih cepat dan efisien waktu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih seneng nya bang, semoga semua wilayah sudah sama yah proses pengurusannya ;)

      Delete
  7. enak ya sekarang beneran bisa online, jaman dulu pertama bikin paspor tetep kudu datang langsung dan antri lama, semoga corona cepet berlalu ya, pengen bikin paspor dan jalan-jalan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepengealaman berarti mba, pertama bikin passpor bikin geleng - geleng pala pokoknya, ngantri dr subuh hehe. Iya mba aamiin semoga semuanya bisa kemabli sedia kala dan kita bisa jalan - jalan lagi tanpa rasa khawatir akan virus covid-19 .

      Delete
  8. kak...kemarin aku juga membuat paspor baru (beneran baru pertama banget) dan itu udah pakai langkah-langkah di atas tadi, kok tetep aja antrinya lama bangettt, sampe lewat jam makan siang L(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya? Kak Grandys di kantor imigrasi mana kak? Kalo temen ku ada juga sebelum aku ngurus perpanjang paspor di warung buncit apa yang dia alami sama seperti yang aku alami juga, mudah dan cepet banget. Harusnya sih kalau udah sesuai jam antrian harus sesuai jam antrian yang didaet kak. Semoga kanim nya bisa belajar dari kanim yang lain yah kak Grandys :) semangat ak biar bisa explore dunia ;)

      Delete
  9. Impian aku juga bisa jalan2 ke luar negeri, semoga corona cepat berlalu, dan passport ku ngga kosong lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Yeaaaaay semangat biar kita bisa explore arround the world yah kak ;)

      Delete
  10. Gampang banget ya, mas. Aku juga udah mau perpanjangan nih, dan katanya yang di Warung Buncit emang termasuk cepet. Atau enggak yang di mall-mall Jaksel katanya juga lumayan cepet. Thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, iya bener kak, sebelumnya temen ku juga kan perpanjang disana, dan mendapatkan pengalaman yang sama proses cepet dan gampang banget ;)

      Delete
  11. Antre memang bikin malas banyak orang, ya. Untung sekarang ganti paspor gak pakai ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Keke, bersyukur banget sih pengalaman perpanjang / pergantian passpor mendapatkan pengalaman yang baik dibanding waktu pertama kali bikin ;)

      Delete
  12. Aku baca dengan saksama postingan ini Kak soalnya ada rencananya perpanjangan passport mengingat akhir tahun lalu udah abis hehe. Kantor Imigrasi kita sama nih, Aku dulu juga di Waring Buncit ngantri luar biasa. Tapi kalo skrg udah lebih emak, jadi pengen segera ngurus hehe.

    ReplyDelete
  13. Nah ini namanya instansi yang melek teknologi. Dengan online kayak gini khan jadinya lebih praktis dan bikin gak banyak antrian ya
    Kitanya juga gak perlu bolak balik ke kantor imigrasi

    ReplyDelete

Post a Comment