8 Tips Ciamik ini Bisa Dilakukan Saat Kamu Harus Work Form Home




www.adhealbian.blogspot.com


Hai Everyone, gimana kabar nya nih? Semoga semuanya dalam keadaan baik aja yah walaupun kita sedang menghadapi masa – masa yang cukup genting karena Covid-19. Semoga disegerakan kembali pulih lagi seperti sedia kala.

Karena nya, pemerintah menghimbau untuk semua lapisan masyarakat Indonesia dapat membantu memutus rantai penyebaran coronavirus tersebut dengan melakukan social distancing.

Dengan kata lain, pemerintah menghimbau masyarakat dapat melakukan semua kegiatan sebisa mungkin dirumah saja. Jadi, jika dirasa tidak begitu penting untuk keluar rumah, lebih baik dirumah saja.

Himbawan tersebut ternyata tidaklah berjalan mulus, dikarenakan masih banyak masyarakat yang harus melakukan pekerjaan diluar rumah, contoh nya seperti buruh pabrik atau bahkan karyawan – karyawan swasta yang atasannya tidak menerapkan kerja dirumah saja.

Kerja dirumah saja juga masih ada yang merasakan tidak begitu nyaman, padahal banyak juga yang berbagi tentang banyak nya manfaat ketika pekerjaan bisa dilakukan dirumah saja.

Well, bicara tentang kerja dirumah saja, mungkin 8 tips ini bisa membantu teman – teman agar merasa kerja dirumah pun tidak ada masalah. Yuk langsung kita tengok tips nya :

1.       Copy Document Pekerjaan Kantor

www.adhealbian.blogspot.com

Buat kamu yang kerja kantoran, tips yang pertama ini boleh dicoba yah. Jadi, dokumen – dokumen yang dirasa perlu dan akan digunakan secara berkelanjutan sebaiknya kamu copy ke flashdisk atau google docs dan semacam file penyimpanan lainnya.

Hal ini sangat membantu banget, jadi kamu bisa lakukan pekerjaan kamu ( seperti layaknya kamu bekerja dikantor ), yang membedakan hanya suasana saja kok.

2.     Manfaatkan Tekhnologi dalam berkomunikasi

www.adhealbian.blogspot.com

Komunikasi sudah merupakan hal yang sangat penting, terlebih jika kamu harus melakukan pekerjaan di rumah. Berbagai macam tekhnologi juga sudah sangat memudahkan kamu dan rekan kerja kantor dalam melakukan komunikasi. Misalnya whatsapp group atau bahkan video call.

Hal ini bisa menjadi komunikasi yang baik juga lho antar kamu ke rekan kerja dan atasan / bawahan kamu. Bisa jadi komunikasi mu akan jadi lebih efektif.

3.     Jadwal yang teratur

www.adhealbian.blogspot.com
Saya pernah menerapkan ini saat bergantian shift dengan teman sekantor. Jadi perlu adanya jadwal yang teratur juga walaupun kamu bekerja dirumah. Jadwal yang teratur membantu kamu lebih maksimal dalam melakukan pembagian waktu. Mana waktu yang harus nya kerja, mana yang waktunya kamu sudah bisa bersantai. Buat jadwal dan komunikasikan dengan rekan kerja mu yah.

4.     Jangan terlena dengan jam istirahat yang fleksibel.

www.adhealbian.blogspot.com

Terkadang suka lupa, kalau kita tuh hitungannya masih jam kantor juga walaupun bekerja dari rumah ( Work From Home ). Jadi suka istirahat suka – suka eh pekerjaannya malah terbengkalai, jangan ditiru yah.

Bagi perusahaan yang membebaskan jam istirahat mu asal “pekerjaan beres” lebih enak lagi tuh. Intinya buat senyaman kamu asal jangan bablas, karena istirahat sangatlah penting untuk kesehatan kamu.

5.     Jauhkan kamu dari Distraction

www.adhealbian.blogspot.com
Distraction ( Gangguan ) ini macam - macam bentuknya, misalnya keberadaan anak yang mengajak mu bermain sementara kamu harus bekerja fokus, atau juga alat – alat hobby / games didepan mata yang sangat menggoda, dan juga berbagai macam distraction lainnya.

Untuk itu kamu perlu mencari tempat yang nyaman selama kamu melakukan pekerjaan kantor dirumah.

6.    Minta Bantuan Keluarga

www.adhealbian.blogspot.com

Jika ada yang dirasa belum bisa kamu tanganin saat itu, segera lah minta bantuan anggota keluarga lain yang berada dirumah untuk melakukannya. Salah satunya yah tadi tuh membujuk anak mu untuk bermain dengan anggota keluarga lain terlebih dahulu.

7.    Hindari melakukan pekerjaan di tempat tidur

www.adhealbian.blogspot.com

Well ini beneran terjadi di pengalaman saya, ketika melakukan pekerjaan diatas kasur dengan laptop yang menyala ditambah angin sepoi – sepoi yang ada suka jadi ngantuk karena udah merasa ditempat yang nyaman, jadi langsung aja ketiduran dengan laptop yang masih menyala. Ini jangan ditiru lho hehe.

Untuk itu, cari lah tempat yang proper untuk lebih fokus melakukan pekerjaan kantor mu.

8.     Jangan lupa makan – makanan sehat

www.adhealbian.blogspot.com

Nah kalau kamu bekerja dirumah, biasanya kan ada yang masakin tuh, jadi sudah dijamin lah kesehatan dan juga kebersihannya. Terlebih kita kan akan cukup lama nih work form home nya, jadi perlu banget menjaga asupan makanan kita. Buat yang masih single, jangan sedih masih bisa pesen makanan lewat aplikasi food online ya kan?

Well. semoga ke 8 tips work from home tadi bisa kamu coba yah, atau jika mau ditambahkan boleh banget lho hehe. Oiya ke 8 tips ini based on pengalaman saya, jadi kemungkinan bisa sama / beda dengan yang lain.

Baca juga tips - tips yang lain berikut ini :
- 5 Langkah Ini, Bantu Wujudkan Resolusimu

Anyway, work from home ini dilakukan demi kebaikan dan juga kesehatan kita semua yah, jadi walaupun kita harus bekerja dirumah jangan dijadikan masalah, justru malah banyak manfaat nya.

Terimakasih banyak yah udah melipir mampir ke blog saya, jangan bosen – bosen lho. Sampai ketemu di artikel – artikel berikut nya yah. TAKE CARE AND ALWAYS BE SAFE GUYS.

Adhe Albian signing out…!!



Comments

  1. iya kadang distraksi membuat konsentrasi buyar
    ini yang harus dihindari saat bekerja di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mas, saya sering banget akrab sama distraksi hehe, kacau kalau udah kena hehe

      Delete
  2. Kalau Mas Ikrom ingetin aku jangan lupa mandi, hahaha.

    Tahu aja kadang aku malas mandi.

    Dan aku termasuk yang selow, aku kdg kerja sambil tiduran, ngerjain gambar, balas email sambil krubutan, hahaha. Apalagi kalau lembur yawes di atas tempat tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha hayo mba hani jarang mandi yah ;) iya bener mba han dikondisi sekarang emang harus rajin mandi sih, apalagi buat orang - orang yang emang harus terpaksa keluar rumah ;) itinya sehat selalu yah mba han ;)

      Delete
  3. Emang harus fokus, enaknya punya ruangan kerja atau berkarya... Gangguan terbesar sih masih sosmed kepo2 ga penting hihi makasih tipsnya, salam. Kenal ya kak stay safe and stay productive!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Sandra salam kenal kembali yah ;). Sosmed emang suka bikin gatel yah kak hehe, lagi ngetik artikel, denger notif eh langsung cek hape, terus jadinya lanjut keterusan hehe. Always be safe and stay productive buat kak Sandra juga yah ;) Terimakasih sudah melipir kesini :)

      Delete
  4. Setiap hari aku kerja diatas kasur, Mas..haa
    Tapi selalu bisa ngatur waktu sih, biar gak ketiduran gitu. Kalau udah merasa lelah lebih baik aku matikan dan lanjut besok lagi :)

    Biasanya paling enak ditemani cemilan kalau udah depan laptop..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku kalo udah dikasur, gampang tergoda gitu lho mas haha, nempel bantal dikit aja udah pewe banget hehehe. Tapi keren mas kalo udah bsa ngatur waktu, pertahankan hehe.

      Delete
  5. Paling susah menghindari distraksi. Baru duduk udah, ... Buuun laperrrr....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasib emak-emak yah Bun, tapi emak - emak jaman sekarang keren banget lho, selain ngurus anak dan suami, tapi masih aktif dan rajin nulis juga. Luar biasa deh ;)

      Delete
  6. Nah itu makan teratur kadang suka banyak yang lupa , kalau udah asyik kerja lupa makan dan minum , padahal penting banget kan, kesehatan harus dijaga juga , makasih tips-tipsnya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, tetep harus mengutamakan kesehatan yah ;). Terimakasih kembali ;)

      Delete
  7. Pekerjaanku teratur selama ini secara dah lama wfh, cuma masalahnya anak-anak ga sekolah ini libur. Jadi pengen nangis xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo pekerjaan nya berjalan lancar dan teratur. tapi janga nangis atuh ;) tetep semangat ngajar anak - anak dirumah hehe ;) salam buat keluarga ;)

      Delete
  8. Betul semua lho tipsnya ini. Kita tidak boleh terlena, harus disiplin, dan memanfaatkan teknologi.

    ReplyDelete
  9. Distraction >> sering bikin gagal fokus, akhirnya beberapa kali mesti mematikan sinyal dulu, biar bisa ngerjain yang lain. Yang wfh susah juga ya, soalnya klo di rumah pengennya main sama keluarga

    ReplyDelete
  10. WFH ini bukan hal yang ngagetin karena selama ini pun kerjaannya ya banyakan di rumah, cuma tantangannya jadi beda saat Anak harus belajar di rumah dan Papanya pun harus WFH, jadinya semua numplek di saat yang sama ada tugas masing2 yang harus diselesaikan. Mantap deh ya ngatur waktu (Dan emosi)nya, hahaha. Tapi semangaaaat, ini jadi pengalaman baru yang berharga.

    ReplyDelete
  11. Kalau saya pribadi gak terlalu banyak perubahan karena sehari-hari memang di rumah. Tetapi, suami dan anak-anak yang harus beradaptasi dengan ini

    ReplyDelete
  12. Harus belajar lebih fokus nih sayanya, dan memang bener banget distraksi ini kadang membuat kita harus mengulang fokus dari awal lagi

    ReplyDelete
  13. Lagi WFH memang penting banget ya buat ngatur waktu juga ya

    ReplyDelete

Post a Comment