10 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Karantina Diri #DIRUMAHAJA



www.adhealbian.blogspot.com


Keresahan luar biasa akan virus yang sangat menggemparkan dunia yaitu Coronavirus disseas ( Covid-19 ) ini, membuat semua warga diseluruh dunia termasuk Indonesia melakukan berbagai macam tindakan preventif.

Tindakan tersebut ada yang dilakukannya atas kesadaran diri sendiri dan juga atas himbawan dari pemerintah setempat. Pemerintah menghimbau agar semua warga Indonesia untuk melakukan “Social Distancing”.

Social Distancing adalah sebuah bentuk kegiatan dalam mengurangi jumlah aktivitas diluar rumah, interaksi dengan orang lain, dan mengurangi kontak tatap muka langsung. Artinya kita diharapkan bisa melakukan aktivitas apapun hanya dirumah saja. Jadi, jika memang dirasa tidak begitu penting untuk keluar rumah, you guys better stay at home.

Di berbagai negara, aktivitas social distancing ini sangat berhasil dalam memutus rantai penyebaran virus corona, sehingga angka kasus mereka sangat lah kecil.

Well, himbawan dari pemerintah ternyata tidak sepenuh nya berjalan lancar dalam melakukan social distancing ini, karena masih banyak warga Indonesia yang harus melakukan pekerjaan diluar rumah. Hal ini adalah tugas pemerintah untuk kembali menggunakan power nya dalam memerintahkan semua lapisan / instansi untuk membuat seluruh karyawannya melakukan pekerjaan dari rumah.

Dengan ada nya social distancing ini, banyak juga masyarakat yang akhirnya mengikutin himbawan pemerinta untuk tetap #dirumahaja atau mengkarantina diri sendiri didalam rumah.

Tapi sayangnya stay dirumah memang tidak semua nya berjalan lancar, ada saja yang tidak suka melakukannya, tapi perlu diingat bahwa #dirumahaja ini sangatlah membantu dalam mengurangi penyebaran virus corona dan tentunya demi kesehatan kita dan semua warga Indonesia.

 Well, bicara mengkarantinakan diri dengan #dirumahaja, mungkin ada sebagian orang yang masih bingung apa sih yang harus dilakukan saat harus berada dirumah saja dan tidak melakukan aktivitas diluar rumah? Nah, sekarang nggak perlu bingung lagi, simak aja 10 tips berikut :

1.      Lakukan pekerjaan kantor di rumah.

www.adhealbian.blogspot.com

Hal ini biasa saya lakukan ketika masih jadi orang kantoran, membawa semua pekerjaan yang belum selesai dikantor sampe akhirnya menyelesaikan dirumah. Semua file akan saya copy melalui flashdisk atau google docs, dll. Jadi, sangat memungkinkan untuk bisa dilakukan dirumah pada saat kondisi seperti ini.

2.     Beres – beres rumah / kamar

www.adhealbian.blogspot.com

Kegiatan ini pasti jarang dilakukan buat anak kosan macam saya ini hehe. Padahal sangat penting untuk dilakukan lho. Ya gitu biasanya kalau udah capek aktivitas seharian, rasanya males banget rapih – rapih atau beres – beres kamar. Well, dengan social distancing ini, kegiatan tersebut sangat mudah dilakukan, karena kita mempunyai banyak waktu.

3.     Membaca Buku

www.adhealbian.blogspot.com
Jika sudah selesai melakukan pekerjaan kantor, kamu bisa melakukan kegiatan menarik ini. Yup membaca buku. Saya pribadi masih ada PR menyelesaikan beberapa bacaan buku, dan karena adanya social distancing ini, jadi kembalo mencoba mencicil baca buku lagi.

4.    Menonton Film

www.adhealbian.blogspot.com

Buat kamu yang sudah berkeluarga, kegiatan ini sangat mengasyikan lho, setelah semua pekerjaan kantor rapih dan beres, tinggal memanfaatkan waktu bersama keluarga untuk menonton film. Inget jangan memanfaatkan ini jadi liburan keluarga ke tempat – tempat wisata yah, namanya bukan social distancing dong kalo gitu hehe.

Kalau buat anak kosan seperti saya ini, kegiatan menonton film tentu sudah menjadi agenda hehe, sama hal nya seperti yang sudah bekerluarga, setelah pekerjaan selesai, baru deh enjoy me time dengan menonton film kesukaan. Bedanya ya saya nontonnya sendirian hehe.

5.    Berjemur dan Olahraga

www.adhealbian.blogspot.com

Udah pasti dong berjemur punya banyak manfaat yang baik buat tubuh kita? Berjemur nya gak perlu lama - lama, cukup 15 menit aja. Dan menurut info yang saya lihat dan baca, waktu berjemur yang baik adalah di jam 10.00 pagi.

Kalo untuk olahraga, silahkan cek youtube, banyak contoh / tutorial video olahraga yang bisa dilakukan dirumah. Jadi, jangan jadi alasan untuk nggak berolahraga yah. Tetep harus jaga sehat dengan asupan makanan yang baik juga untuk tubuh.

6.    Video Call

www.adhealbian.blogspot.com


Jangan kencan dulu sementara waktu yah, hehe kalau rindu bisa diobati dengan video call kok. Oiya rindu nggak melulu harus sama pacar kan? Buat anak kosan seperti saya rindu sama keluarga yang jauh pasti dong. Nah, video call deh sama keluarga, hayo ngaku pasti jarang – jarang kan melakukan vidcall bareng keluarga? Yuk lakukan sekarang mumpung lagi dirumah aja.

7.    Dengerin Musik

www.adhealbian.blogspot.com

Wah kegiatan yang satu ini pasti banyak yang suka. Dengerin music juga bisa membangun mood lho, kalau kata anak – anak jaman now bilang nya moodboster hehe.

Dengerin music juga bisa jadi teman saat kamu melakukan kegiatan lain lho, seperti beres – beres misalnya, kegiatan beres – beres pun jadi gak berasa berat, karena melakukannya happy sambil nyanyi – nyanyi hehe.

Ngomongin music, ada yang tau nggak lagu “Kartonyono Medot Janji - Denny Caknan ?” hehehe. Nah lagu itu yang lagi seneng saya dengerin. Coba deh dengerin lagu – lagu yang kamu suka selama kamu #dirumahaja.

8.    Belajar Apa Saja

www.adhealbian.blogspot.com

Well, karena banyak nya event yang ke postponed dan cancelled, saya manfaatkan waktu saya untuk belajar, belajar bisa apa aja dan bisa dimulai dari apa yang kamu suka. Kalau saya kemarin coba iseng – iseng belajar edit video di I-movie. Ya masih banyak ngulik – ngulik lagi sih.

9.    Lakukan Hobby

www.adhealbian.blogspot.com


Hobby mu apa nih? Jangan hobby nya ngemil kaya saya yah hehehe. Anyway, hobby yang bisa dilakukan selama dirumah dicoba aja, seperti memasak, melukis, bahkan menulis artikel juga bisa lho dilakukan. Jadi, coba cek hobby kamu apa, bisa langsung dipraktekan, syukur2 bisa berbagi informasi ke temen – temen yang lain yakan?

10. Membantu Sesama

www.adhealbian.blogspot.com

Nah membantu sesama ini banyak bentuknya, mulai dari donasi online sampai dengan pesen makanan online ( ini membantu mereka banget lho disaat lagi sepi orderan ), bahkan kamu juga bisa beliin abang nya juga ya kan?.

Social distancing bukan berarti menghilangkan jiwa sosial mu yah.
Semenjak #dirumahaja beberapa hari ini, emang bener – bener sih kerasa banget, sampe mau ke warteg aja bikin galau hehe, untung nya ada layanan pesen makanan online yang bisa membantu kegalauan.

Well temen – teman, ke 10 tips kegiatan #dirumahaja yang bisa saya bagi segitu, kalau ada teman – teman yang mau nambahin seneng banget lho.

Oiya ini juga based on apa yang saya alami dan saya lakukan aja yah selama melakukan #socialdistancing beberapa hari ini. Jadi, apa yang dilakukan temen – temen dilauar mungkin bisa saja berbeda, dan sangat senang kalo temen – temen bisa berbagi juga apa aja yang sudah dilakukan selama #dirumahaja.

Semoga virus corona ini segera berakhir, dan segera lenyap dari bumi yah, biar kita semua bisa kembali bekerja / beraktivitas sedia kala. Banyak banget pencari nafkah yang harus menanggung akibat gara – gara virus corona ini.

Yuk satukan semangat, ikuti himbawan pemerintah, jaga sehat, dan jangan lupa rajin-rajin cuci tangan dengan sabun. BE SAFE GUYS..!! Terimakasih sudah kembali melipir kesini, sampai ketemu di artikel – artikel berikut nya ;)

Adhe Albian Signing Out….!!




Comments

  1. Coooy sama aja ya yg kita lakuin ternyata🤣🤭 selalu ada hikmah menjadi kaum rebahan di kala sosyel distensynkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe silahkan ditambahkan jika ada yang kurang yah Angga ;). Anw sehat - sehat selalu yah ngga semoga bisa berjumpa lagi ;)

      Delete
  2. beberes kamar itu melegakan lo
    lama-lama ga kerasa udah sore ato malam aja mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, kerjaan paling banyak orang males ngelakuinnya, tapi ketika rapih wuiiih tidur pun jadi nyenyak ;)

      Delete
  3. Sayangnya, orang kita ini bandel-bandel ya Mas Ade..mknta digetokin satu-satu. Di suruh social distancing malah keluyuran.

    Padahal banyak banget hal-hal yang bisa kita lakukan selama masa karantina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lihat diberita banyak banget anak - anak muda yang masih nognkrong - nongkrong. Prihatin banget lihat yang kaya gittu mba han ;)

      Delete

Post a Comment