“ BELAJAR RADIO GRATISSSSSS..!! ”


                           “BELAJAR RADIO GRATISSSSSS..!!”
( Bersama @belajarradio @gofoodjakarta @mustang88fm @prambors and @actimepice )


Belajar Radio With @belajarradio Batch 11

Kalo udah denger kata GRATISSSS, jiwa dan raga gw langsung bergejolak ampun ampunan kak, hahaha maklum lah kak anak kosan banget iniih. Semua pasti pada suka dong yah yang nama nya GRATIS, apapun itu, apalagi ini GRATIS nya berbagi ilmu tentang dunia radio, belajar jadi penyiar sampe menjadi seorang produser radio.

Well, kali ini gw mau berbagi cerita kenapa gw bisa ikut event #belajarradio ini secara FREE a.k.a GRATIS kak. Langsung simak aja kuy..!!

Jadi, pada tangal 27 Juni 2019, akun instagram @belajarradio  posting pengumuman mau ngadain “FREE RADIO CLASS BATCH 11” yihaa, ini nih yang gw tunggu – tunggu akhirnya dateng juga. Nggak pake pikir panjang, langsung deh gw daftar di www.belajarradio.com dan berdoa moga kali ini kepilih ( lagi ).

Postingan dari @belajarradio nih guys..!

 Yupp, sebenarnya gw pernah ikutan di tahun lalu kalo gak salah yaah, lupa batch nya batch ke berapa, waktu itu lolos seleksi juga eh tapi bentrok sama jadwal sidang proposal di Kampus, jadi gw harus memilih sidang proposal gw, dengan pemikiran “semoga gw bisa ikutan lagi dibatch yang berikut nya” gitu kak.

Setelah daftar, nama – nama yang lolos seleksi pun di umumin pada tanggal 10 Juli 2019, dan betapa seneng nya gw kak, nama gw pun terpampang ciamik didalam list. Langsung deh bikin note di kalender, pokokonya jangan sampe kesempatan ini  lewat lagi hehe.

Yipiey nama gw @adhealbian pun menjadi salah satu peserta terpilih di Batch 11

Tiba lah di hari H. Acara nya berlangsung sangat seru dan wah aseli gw gak boong ilmu nya perlu diserap dan diterapkan buat lo yang pengen banget jadi penyiar radio bahkan menjadi produser radio.

Pintu masuk Go Foofd Festival GBK nih guys..!!


Tepatnya malem minggu, tanggal 13 Juli 2019, bertempat di GoFood Festival GBK Jakarta, Belajar Radio mengadirkan narasumber – narasumber yang memang udah ahli dibidangnya kak, siapa saja kah itu? Nah, di sesi pertama, Belajar Radio menghadirkan penyiar – penyiar dan produser dari Mustang. Mereka adalah @mikepurba ( Penyiar Mustang Morning Squad ) dan @willywinarko ( Penyiar Mustang Gateaway ), eitts gak ketinggalan nih sang produser cantik @sashapangerang ( Produser Mustang Morning Squad ). Oiya ada juga @ilhamramdana ( Penyiar Sunset Trip Prambors Radio ) yang menjadi moderator nya.

Ilham Ramdana, Mike Purba, Sasha Pangerang, dan Willy Winarko yang lagi serius sharring

Di sesi pertama, baik Mike Purba, Willy Winarko, dan juga Sasha Pangerang, semuanya sharring tentang gimana menjadi penyiar radio dan produser radio yang baik, nggak lupa mereka juga menceritakan awal karir nyemplung ke dunia radio.

Keseruan masih berlanjut nih..!!

Mereka bilang untuk menjadi seorang penyiar, selain percaya diri, bekal yang harus dipupuk dari sekarang adalah perbanyak latihan terus dan tentunya rajin denger radio biar tambah update pengetahuan tentang musik nya, selain dari radio, lo juga bisa ambil banyak wawasan dari berbagai macam buku, supaya “kaya” akan kata – kata pada saat lo terjun jadi penyiar radio. Nah kalo dari mba Sasha nih, kita semua juga bisa lho jadi produser radio, memang sih gampang – gampang susah, karena harus menyatukan beberapa kepala penyiar yang masing – masing mempunyai ide yang brillian, tapi seiring berjalannya waktu, semua nya akan baik – baik saja dan yang pasti sangat menyenangkan. So, gak menutup kemungkinan kita semua juga bisa menjadi seorang produser radio.

Tempat nya ciamik yak @gofoodjakarta festival GBK

Setelah break dari sesi pertama, Sang moderator @ilhamramdanan pun kembali hadir di sesi kedua, dan langsung meghadirkan narasumber yang bikin semua cuewek – cuewek disana juga teriak – teriak histeris ( eh kalo gak salah ada cowok juga sih *lah ) hehe.

Nah ini nih yang berhasil bikin ciwik ciwik teriak histeris
Please welcome Mario dan Eda.!!

Yup, here they are @narendraprawaka dan @pratamamario ( Penyiar Night Shift nya Prambors ) wadidaw gimana gak pada teriak – teriakan tuh.

Mario - Eda - Ilham

Well, di sesi kedua juga sama dua pria yang dikenal dengan “duo budjang” ini juga berbagi pengalamannya tentang awal terjun manjadi penyiar radio. 

Kalo dari Mario, beliau sering banget yang namanya update “CV CREATIVE” nah ini juga penting banget nih buat gw, yang belakangan suka amazed sama orang – orang yang bikin CV simple tapi semua info dapet. 

Sharring nya Mario tentang CV Creative
Kalo dari Eda sendiri, beliau bilang basic nya sangat pemalu, tapi Eda sadar punya kelebihan di pengetahuan banyak tentang musik, awal cerita dari pria pecinta THE BEATLES ini, berawal ketika Eda dan Band nya mau rekaman, nah disitu, ternyata ada yang nawarin Eda menjadi penyiar radio melalui nyokap nya yang waktu itu nemenin Eda rekaman. Nggak pake piker panjang, Eda pun meng iya kan. Jadi deh sampe sekarang menjadi penyiar radio Prambors. Well, dari Eda gw bisa ambil kesimpulan bahwa menjadi seorang yang “Introvert” bukan berarti gak bisa menjadi penyiar radio. Menurut Eda, pada saat siaran itu lah waktunya explore banyak ngomong apalagi kalo udah ngomongin music.


Kalo ini, Giliran Eda yang berbagi cerita

Oiya, Mario dan Eda ini juga memberikan pesan nih kesemua peserta #belajarradiobatch11 yang hadir kemarin, untuk menjadi penyiar radio itu jangan pantang menyerah, beliau juga sempet mencoba beberapa kali kirim CV ke radio lho, kemudian Eda juga menambahkan perbanyak latihan ngomong atau bicara, apalagi sekarang ada beberapa platform yang bisa menggalai potensi bicara kalian, seperti PODCAST misalnya.

Terbukti Eda dan Mario juga punya Podcast “duobudjang” yang mereka bagi di platform Spotify. Isi obrolannyanya tuh random banget, ya layakanya bujangan yang suka ngobrol apa aja dan apa adanya. Mario bilang, Podcast ini hadir, salah satu nya karena durasi di radio yang dibatasin ngomong maksimal 3 menit. Jadi, karena Mario ingin memaksimalkan sebuah topik lebih dari 3 menit, jadilah podcast ini dan masih berjalan sampe sekarang.

Mario dan Eda saat kasih motivasi ke peserta #belajarradiobatch11 nih kak

“Beranilah beropini atas dasar pemikiran diri sendiri” –Mario Pratama-

Itu kutipan yang bisa gw ambil dari Mario. Simple tapi kaya, menurut yang gw tangkep, dengan lo berani berpendapat atas pemikiran lo sendiri, lo itu akan jadi diri sendiri dan bukan jadi orang lain yang semuanya serba ikut – ikutan, so menjadi beda itu gak ada salah nya lho, selama lo memahami apa yang menjadi pendapat lo.

Jangan minder gitu kali bang @ilhamramdana hahahaha

Serius banget yak? Hehehe ini secara tulisan doang sih, tapi kalo ngomongin acara kemarin, beuh gak usah ditanya kak, se menyenangkan itu sih gw, apalagi team belajar radio kasih hadiah 2 jam tangan Alexander Christie untuk 2 pemenanag terpilih, Widiw mantep banget kan tuh? Cara dapetin jam tangannya juga gak susah kok, cukup dengan cara posting photo / video kegiatan selama acara berlangsung melalui Instagram dengan hastagh #belajarradiobatch11 dan mention ke @belajarradio @gofoodjakarta @timepiece .

Well, tak disangka tak diduga, pagi ini gw terpilih menjadi salah satu pemenang hadiah jam tangan dari Alexander Christie @actimepiece seseneng itu aku tuh, ahaay senang  dan gak nyangka banget sih sbenernya bisa menang karena peserta yang lain tuh posting photo nya keren – keren juga. Terimakasih banyak Alexander Christie dan Belajar Radio.

Ini dia nih pengumumannya, yippieey thankyou buat Alexander Christie dan Belajar Radio

Oiya, team belajar radio juga membuka kesempatan kesemua peserta utk menjadi volunteer dari team Belajar Radio. Baik banget dah ah @belajarradio. Kuy ah kirim CV keche ke team belajar radio yah. Terkhir nih, sebelum pulang, kita poto - poto dulu, cekidot.!!

Kudu sempetin photo bareng duo budjang haha

With Eda and Mario



Belajar Radio Batch 11
Terimakasih banyak nih buat @belajarradio @gofoodjakarta @actimepice @mustang88fm dan juga @prambors buat kesempatan yang diberikan. Sampai jumpa di event selanutnya yah..!! Oiya jangan lupa follow IG gw yah di @adhealbian hehe Khab Khon na Khab.. ;)

Comments

  1. Sayang acaranya malem yak, padahal pingin ikutan juga ini, daku demen dengerin prambors dan mustang, apalagi pas yang jam siang, buat nemenin ngetik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mba acara nya malem, coba aja ikutan di batch selanjutnya mba, siapa tahu kepilih di batch berikutnya ;)

      Delete
  2. Wah senang banget saya bisa ikut menyerap ilmu tentang dunia broadcasting khususnya radio.
    Waktu sekolah saya sempat jadi penyiar lokal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mantep kak, udah ada pengalaman jadi penyiar, kalo aku masih banyak belajar nih kak, hehe gak tau kapan bisa kewujud jadi penyiar nya ;)

      Delete
  3. Meskipun sekarang semakin banyak tayangan visual yang menarik, terutama di YouTube, tetapi radio masih eksis. Memang enak sebetulnya dengerin radio. Apalagi kalau saya suka dengan gaya penyiarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak, buat ku radio masih keren terbukti masih eksis sampe saat ini dan masih banyak orang - orang yang pengen jadi broadcaster.

      Delete
  4. Sukses ya...semoga impiannya terwujud jd penyiar radio ternama

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah doanya, aamiin aamiin ya robbal alamiin, makasih yah mba ;)

      Delete
  5. Aku mauuu banget belajar ngomong via udara gini kak. Semoga berkesempatan nih, karena podcast aja masih belum aja d eksekusi wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga terwujud yah kak, aku juga sekrang mau belajar podcast kak karena banyak yang udah jadi contoh mereka bisa konsisten di podcast.

      Delete
  6. Wuah..itu keberuntungan yg berlipat ya ka'. Sudah dapat kesempatan ikut sharing yg inspiratif dapet hadiah jam tangan. Selamat ya...

    ReplyDelete
  7. Yaaaa ketinggalan tahunya ttg info ini. Apa akan ada workshop lagi? Aku penasaran sama dunia radio. Sbg org yang lbh suka berada di belakang layar pengen jg belajar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe pantengin aja kak instagram nya, mereka nanti akan ada kegiatan2 lain yang seru dan kemungkinan akan ada free broadcasting radio batch selanjutnya ;)

      Delete
  8. Waaa asik banget bisa ketemu langsung sama du penyiar idola, Prambors itu radio yang paling sering kami dengarkan saat dalam perjalanan dengan mobil
    Penyiarnya asik, acaranya keren,pilihan lagunya juga enak-enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mba selama ini cuma dengerin mereka dari radio doang dan akhirnya bisa ketemu ;)

      Delete

Post a Comment