“PERJALANAN MENYENANGKAN MENUJU MONUMEN MANGGA DAN MASJID ISLAMIC CENTER INDRAMAYU”


“PERJALANAN MENYENANGKAN MENUJU MONUMEN MANGGA DAN  MASJID ISLAMIC CENTER INDRAMAYU”



Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan dan Monumen / Tugu / Bundaran Mangga Indramayu
by @adhealbian

Hai beb, gimana puasa sebulan kemarin? Hopefully lancar – lancar aja yah. Anyway mohon maaf lahir dan batin yah teman – teman pembaca / reader lover / good reader hehehehe.

 Kalo puasa udah menjelang selesai, tinggal moment mudik nya tuh yang biasanya sangat ditunggu – tunggu. Moment mudik setiap lebaran memang moment yang paling menyenangkan. Berbagai pengalaman dan cerita seru dari para pemudik juga selalu dibagikan melalui sosial media mereka.

Nah gak kalah dengan mereka, gw pun mau berbagi cerita “perjalanan gw yang menyenangkan” disini beb.

Well, tepat tanggal 3 juni 2019 gw mudik ke kampung tercinta yang orang – orang menyebutnya adalah “Kota Mangga”. Yup, kota Indramayu - Jawa Barat. Pengalaman perjalanan gw kesana menyenangkan lho beb, karena ternyata gak macet, pokoknya lancar jaya deh.

Sesampai nya dirumah, seperti biasa tuh kalo lagi gak ada kegiatan, suka browsing – browsing cari sesuatu yang menarik misalnya kulineran khas Indramayu atau tempat – tempat wisata nya. Nah kali ini, gw lagi pengen banget ke tempat wisata yang belum pernah kesampean untuk didatengin dari tahun ke tahun gw balik kampung.

Tempat wisata di Indramayu ternyata saat ini sudah berkembang lho, terbukti dengan adanya travel agent yang mengadakan paket wisata di Indramayu Cirebon. Tranportasi nya sekarang lebih baik, jalanan nya lancar, pasar jatibarang nya yang sudah baru, gak ketinggalan juga stasiun jatibarang yang sekarang gak sumpek kaya dulu lagi.

Well, ngomongin tempat wisata tadi nih, ada satu tempat yang pengen banget gw kunjungin udah luaamaa, yaitu monumen / tugu mangga. Sebagai orang Indramayu nih beb, gw tuh kudu banget kesana, kenapa? yaaa, kaya belum sah aja gitu jadi orang Indramayu kalo belum berkunjung ke salah satu ikon kebanggaannya warga Indramayu.

Monumen / Tugu / Bunderan Mangga Indramayu
by @adhealbian


Monumen / tugu mangga yang menjadi ikon warga Indramayu ini ada di Pekandangan - Indramayu Kota. Akses kesana sebenarnya enggak sulit sih, yang sulit adalah ‘gak adanya informasi yang lengkap mengenai transportasi umum apa yang bisa di akses menuju kesana?. Nah simak desh disini yah hehehe

Selain monumen / tugu mangga, ada satu tempat yang menarik lagi untuk gw kunjungi yaitu Masjid. Yes Masjid, Masjid yang menurut gw ‘gak kalah megah sama Masjid Taj Mahal nya India, yaitu Masjid Islamic Centre Syekh Abdul Manan Indramayu. Kabar baiknya adalah ternyata Masjid dan Monumen / Tugu Mangga ini persis depan – depanan.

Semakin bulat lah tekad gw ini untuk menuju kesana, kendala transportasi umum sudah gw abaikan. Seperti yang gw katakan diatas tadi, bahwa Indramayu memang sudah berkembang, salah satu yang paling menarik adalah transportasi umum nya. Seperti Ojek Online ( Ojol ) ini nih beb, dengan adanya ojek online, membuktikan bahwa Indramayu juga ‘gak kalah dengan kota lain, hehe. Ojol ini juga yang akhirnya mempermudah gw menuju kesana.

MONUMEN / TUGU / BUNDERAN MANGGA

Jadi, dua hari sebelum balik ke Jakarta, gw nekad ke Indramayu Kota demi mengunjungi monumen / tugu / bunderan mangga, tempat yang menjadi list gw dari beberapa tahun yang lalu itu. Catet beb sendirian, yup gw kesana sendirian bae.

Perjalanan gw dimulai dari rumah ke pasar jatibarang dengan diantar motor kaka gw ( kebetulan banget kaka gw lagi ada yang harus dibelanjaain di pasar jatibarang saat itu ). Dari tempat gw, desa pilangsari blok como, menuju pasar jatibarang itu membutuhkan waktu sekitar 10 menitan ( dengan motor yah ). Dari sana gw tanya ke orang – orang mengenai angkutan / transportasi umum yang bisa bawa gw ke tempat tujuan. Kebanyakan dari mereka menyarakankan  gw untuk naik ojol, karena angkot disana agak lama katanya dan gw harus transit.

Gw coba buka grab bike waktu itu, dan lumayan kaget sih lihat harganya. Waktu itu hampir Rp. 50.000,- ( ini udah dengan promo lho hehe ), maklum beb anak kosan garis keras, selalu mikir sisa duit di ATM haha. Tapi gw mikir lagi nih kalo naik angkot pasti lama, sementara waktu udah semakin siang, disisi lain juga gw pikir yaudahlah yah yang penting rasa penasaran gw terbayar.

Akhirnya gw putusuin naik grab. Selama perjalanan, gw sempet tanya ke mamang grab nya “mang, emang untuk ke tugu mangga / masjid gak ada angkot yah?” dia jawab “wah gak ada angkot kalo kesana”. Gw juga belum bisa buktiin sih karena emang gak ada angkot lewat satu pun menuju ke tempat yang sama selama perjalanan, jadi gw mikirnya positif aja, mungkin mamang grab bener.

Perjalanan dengan ojol dari pasar jatibarang menuju ke monumen / tugu Mangga dan Masjid Islamic Center kurang lebih memakan waktu 25 menitan. Sesampai nya disana, akhirnya langsung gw record tuh monumen / tugu mangga yang depan – depanan sama masjid nya, sempet gw share di Insta Story gw juga lho. Betapa menyenangkan nya tempat yang gw pengen datengin, akhirnya bisa gw tapaki jiaah hehe.

Gw pun langsung jeprat – jepret tuh monumen / tugu mangga dari segala angle ( berusaha dapet angle yang terbaik versi gw ), sampe jongkok – jongkok bahkan haha, bodo amat lah orang lain pada ngeliatin yang penting gw dapet gambar.

Monumen / Tugu / Bundaran Mangga Indramayu
by @adhealbian

Ikon yang menjadi kebanggan warga Indramayu ini patut gw abadikan beb. Pasal nya monumen /  tugu mangga ini memiliki filosofi yang nggak sembarangan lho, yaitu identitas daerah yang khas. Identitas tersebut juga menunjukkan spirit dan harapan terhadap komoditas buah mangga asal Indramayu. Siapa hayo yang disini belom icip mangga Indramayu? Wajib borong kalo ke Indramayu yah beb.

Monumen / Tugu / Bunderan Mangga Indramayu
by @adhealbian

Selain itu, dengan ada nya tiga jenis mangga diatas tugu, menunjukkan bahwa mangga – mangga asal Indramayu ini siap untuk bersaing di pasar global. Nah, kalo pondasi monumen / tugu dengan cerminan layar kapal itu sendiri, juga menggambarkan bahwa buah mangga asal Indramayu ini mampu menembus pasar dunia dengan segala bentuk transportasi ( baik transportasi laut maupun transportasi darat ).

Monumen / Tugu / Bundaran Mangga Indramayu
by @adhealbian

Letaknya yang sangat strategis, tepat di persimpangan lima ( masyarakat biasa menyebut nya simpang lima bunderan mangga ) ini, menjadikan Monumen / tugu / bunderan mangga ini sangat mudah diakses dari segala arah, 'gak heran kalo banyak masyarakat dari daerah lain yang banyak berkunjung juga kesini.

Terimakasih sudah melipir kesini, seperti biasa jangan lupa follow Instagram gw beb @adhealbian. Sampai jumpa ditulisan gw selanjut nya yah…!

Lho, cerita Masjid nya mana dhe?

Oia heehe, berhubung gw udah laper banget nih, mo meilipir cari makanan, cerita tentang Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan nya, gw lanjut di blog selanjutnya aja yah beb. Jangan ngambek lho beb hehe. SEE YOU..!!

Comments