“NGABUBURIT BERMANFAAT BARENG MAS ERWIN PARENGKUAN”


 “NGABUBURIT BERMANFAAT BARENG MAS ERWIN PARENGKUAN”

Bersama Mas Erwin Parengkuan

Bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke 15 nih bebh, gimana puasa mu lancar kah? Semoga lancar sampai dengan akhir ramadhan yess aamin.

Ngomong – ngomong puasa, pasti gak lepas sama yang namanya ngabuburit. Pasti banyak dari kamu yang ngadaian ngabuburit dengan melakukan berbagai macam kegiatan seru dan bermanfaat.
TalkInc Communicatioan Indeed

Seperti yang dilakukan oleh TalkInc nih, mereka mengadakan “Ngabuburit Bermanfaat Bareng Mas Erwin Parengkuan”, gw sih nyebut beliau master nya komunikasi yah, karena kiprah nya didunia per-komunikasi-an sangat menginspirasi. Gw selalu seneng kalo dapet kesempatan untuk mengikuti workshop yang berhubungan dengan komunikasi, apalagi pembicara nya sekelas Mas Erwin Parengkuan.

Emang komunikasi penting banget yah dhe? Oh iya donk, komunikasi tuh sangat penting, banyak banget tuh yang menganggap enteng masalah komunikasi, karena dipikirnya komunikasi itu,, ya sekedar ngomong doang, padahal enggak lho.

Komunikasi kini sudah menjadi hal yang harus banget dipelajari, banyak dari mereka yang sudah mempunyai jabatan yang tinggi, mereka yang mempunyai relasi banyak, dan juga mereka yang sering menjadi pembicara, pun masih kurang dalam komunikasi nya. Jadi, siapapun orang nya ( termasuk gw ) kudu banget sih belajar komunikasi.

Ceritain donk dhe, gimana isi pembahasan dari Mas Erwin kemarin..! Tenang bebh, di blog yang saat ini lagi kamu baca, gw mau bahas tentang isi dari acara “Ngabuburit Bermanfaat Bareng Mas Erwin Parengkuan” sekaligus menjawab bahwa betapa komunikasi itu sangat penting dan nggak bisa dianggap enteng. Wadaaww!!

LETS CEKIDUTT…!!

Berawal dari ikutan jawab kuis di Instagram nya TalkInc yaitu @talkincorps , gw akhirya kepilih bebh untuk ikutan acara ngabuburit itu. Nah hari jumat kemarin, tepat nya tanggal 17 Mei 2019, gw sebagai salah satu peserta terpilih dateng deh ke acara “Ngabuburit Bermanfaat Bareng Mas Erwin Parengkuan” yang berlokasi di TalkInc Office Jakarta Pusat.

Well, siapa sih yang gak tau Mas Erwin Parengkuan? kiprah nya di dunia komunikasi udah nggak perlu diragukan lagi. Beliau juga dikenal sangat senang membagikan ilmu nya kepada semua orang. Termasuk sharing workshop kemarin yang membahas beberapa poin dari isi buku nya “How Not To Give a Boring Speech”.

Buku Mas Erwin "How Not To Give A Boring Speech"

Kurang lebih 40 peserta terpilih hadir di Talkinc, acara yang dimulai pada Pkl. 16.10 WIB tersebut berlangsung sangat nyaman, menyenangkan dan tentu isi topik yang penuh dengan manfaat. Ngabuburit yang menyangkan sih kemarin itu.
Peserta Ngabubuti Bareng Mas Erwin Parengkuan

Penasaran isi topic yang dishare sama Mas Erwin kemarin apa aja? Penasara nggak? Penasaran aja lha yah.. hehe

Jadi, isi yang paling dalem banget dari yang mas Erwin share kemarin adalah tentang struktur dalam berpidato / berbicara didepan umum beb, apalagi kalo kamu nih diminta untuk menjadi narasumber / pembicara dalam sebuah seminar atau acara – acara yang dihadiri oleh banyak orang, jadi perlu banget nih kamu tahu.

Well, langsung aja yah, struktur berpidato tersebut terdiri dari 3 ( tiga ) element yang sangat penting, apa aja sih?

Pertama adalah Opening, nah di opening ini sangat penting lho dan gak main – main, karena didalam opening ada 4 elemen yang perlu kamu tahu, dan Mas Erwin merangkumnya dalam bentuk Akronim yaitu GISI.

GISI terdiri dari Greeting, Introduction, Storrytelling, and Interaction.

Greetings, sapa lah peserta / audiens dengan penuh ketulusan dan tentunya tidak dibuat – buat, kemarin Mas Erwin mempraktekannya langsung lho dan memang berdampak banget perbedaanya.

Introduction, ya iyalah beb kamu kudu banget memperkenalkan diri, nah didalam perkenalan ini, beda lho dengan kenalan biasa, disini kamu tidak hanya memperkenalkan nama, tetapi kamu juga perlu memperkenalkan bahasan ( topik ) apa yang akan dibicarakan, sehingga audiens jadi tahu deh apa yang akan kamu bahas pada saat itu.

Storytelling, pidato / berbicara didepan umum itu nggak gampang lho beb, dan terkadang banyak pembicara yang topic pembicarannya sangat meluas, dan jadi nya melebar kemana – mana, sehingga membuat audiens nya enggak menangkap apa yang dibicarakan. Nah, untuk itu perlu adanya bubuhan sebuah cerita yang tentunya related dengan apa yang menjadi bahasan kamu pada saat berbicara didepan umum. Mas Erwin juga mengatakan bahwa tujuan dari storytelling ini adalah untuk membangun rasa ingin tahu audiens, jadi, cerita yang dibangun harus menjadi jembatan dengan segudang emosi sehingga audiens menjadi penasaran akan kelanjutan cerita yang kamu sampaikan. Wow

Interaction, adanya interkasi dengan audiens menjadi pelengkap elemen dalam sebuah opening dan ini sangat perlu dilakukan.

Lanjut yah elemen Kedua dari Struktur pidato adalah Isi Konten. Kunci dalam isi konten adalah What, So, Now.

What, perjelaslah apa yang ingin kalian sampaikan dengan singkat, padat dan mudah dicerna / dipahami oleh audies kamu.
So, Jelaskan lah mengapa topik yang menjadi pembahasan kamu itu menjadi essensial dan apa dampaknya bagi mereka?
Now, Apakah yang diharapkan dari audiens setelah semua fakta dan pemikiran yang kamu papapakan? Tindakan apakah yang kalian harapkan atau keuntungan apa yang akan audiens dapatkan dengan mengikuti saran dari kamu?.

Nah elemant Ketiga dari Struktur pidato adalah Clossing. Clossing merupkan bagian yang sangat penting dalam sebuah pidato, karena inilah yang akan menentukan apakah audiens akan pulang dengan perspektif / informasi baru yang akan mereka ingat atau tidak.

Kalau di Opening ada GISI, di Isi konten ada What, So, Now, nah kalau di Clossing ada SUREP yaitu Summary, Recap and Punchline.

Summary, Ringkaslah poin – poin utama yang telah disamapikan dalam sebuah pidato kamu.
Recap, Simpulkan poin – poin yang sudah sebutkan sebelumnya agar audiens bisa memahami tujuan dari pidato kamu dengan lebih jelas lagi.
Punchline¸adalah kalimat penutup yang wajib, kudu dan mutlak disajikan dalam bagian akhir setiap pidato. Tujuannya adalah membangkitkan keinginan audiens untuk melakukan sesuatu.

Nah terjawab sudah kan bahwa komunikasi dalam berpidato itu tidak bisa dianggap enteng, sebegitu detail nya kan yah dari opening, isi konten sampe ke closing. Perlu banget nih kamu pelajari, agar bisa membantu kamu dalam berbagai hal.

Intinya adalah komunikasi itu jangan kamu angap sepeleh yah beb, karena ada elemen – elemen yang sangat penting yang perlu kamu ketahui dan tentu nya kamu terapkan dalam setiap melakukan komunikasi.

Pengen cerita lebih banyak lagi nih tentang isi sharing kemarin, tapi entar kamu nya lupa sama buka puasa lagi hehe. Kalo ada waktu, gw akan cerita di blog berikutnya yah beb. Tapi buat yang tingkat penasarannya tinggi alias gak sabar nunggu nih, kamu bisa langsung tengok di buku nya Mas Erwin yah hehe.

Well, tepat pada Pkl. 17.45 WIB mas Erwin menutup workshop nya dengan sangat epik dan ciamik. Setelah nya langsung deh bagian yang paling ditunggu – tunggu disetiap kegiatan ngabuburit, Apa hayo? Apalagi kalo bukan photo – photo. Yeaay..!
Moment Foto Bersama Mas Erwin Parengkuan

Selain photo dan buka bersama, buku yang dibagi oleh Mas Erwin pun bisa ditanda tangani langsung lho. Uwoooow how happy i am.


Buku nya Mas Erwin yang lansung di tandatangan.

Oiya hal yang lebih menyenangkannya lagi dari kegiatan ini tuh adalah kamu bisa dapet temen – temen baru bebh, walaupun kemarin gak semua nya diajak ngobrol, karena pada sibuk ngantri photo dan minta tandatangan Mas Erwin hehe. Ada yang dari Bandung, Pandeglang, Bekasi, BSD, Depok, dan kota – kota lainnya.

Bersama Mas Erwin

Thankyou TalkInc yang sudah mengadakan “Ngabuburit Bermanfaat” ini dan terimakasih buat Mas Erwin Parengkuan yang enggak pelit untuk berbagi ilmu kepada kita semua yang akan haus akan hal itu dan juga hadiah buku “How Not To Give A Boring Speech” nya. Sukses selalu.

Terimakasih juga buat kamu yang sudah mampir yah bebh, sampai jumpa di blog - blog selanjutnya. Oiya jangan lupa follow Instagram gw yah bebh @adhealbian hehehe Selamat Berpuasa..!


Comments